1. OTONOMI
  2. NEWS

Padukan Sepak Bola dan Voli, Guru di Tangerang Ciptakan Olahraga Baru

Latar belakang hadirnya olahraga ini, lanjut dia, karena banyak orang yang menggemari sepak bola, namun memiliki keterbatasan lahan.

Suwanda (kiri) tengah memamerkan bola yang digunakan dalam bola tolak (tangerangkota.go.id). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Minggu, 13 Agustus 2017 09:02

Otonomi.co.id - Olahraga bola tolak mungkin masih sangat asing terdengar di kuping. Ya, olahraga tersebut merupakan jenis olahraga baru yang diciptakan oleh Suwanda, guru SDN Sangiang Jaya di Tangerang.

Kini olahraga tersebut telah diresmikan oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sebagai salah satu khas Kota Tangerang.

Suwanda mengaku olahraga tersebut merupakan hasil riset saat masih duduk di bangku kuliah dan mengajar. Ia menciptakan olahraga ini tahun 2015 lalu, namun baru pada tahun ini bola tolak diperkenalkan oleh Wali Kota.

Latar belakang hadirnya olahraga ini, lanjut dia, karena banyak orang yang menggemari sepak bola, namun memiliki keterbatasan lahan. "Muncullah ide membuat olahraga baru," ujar Suwandi.

Saat ini, olahraga tersebut telah didaftarkan di Hak Kekayaan Intelektual (Haki) dan juga sedang dalam proses pendaftaran hak cipta di Kementerian Hukum dan HAM. Ia pun terus melakukan sosialisasi dari olahraga yang ia ciptakan ini agar dapat dikenal secara luas.

"Bahkan secara khusus saya diundang untuk mengajar di DKI Jakarta dan beberapa SMA di Kota Tangerang," ujarnya.

Permainan bola tolak merupakan perpaduan antara sepak bola dan voli. Setiap tim terdiri atas lima orang dan saling berhadapan layaknya bermain voli. Sepintas, permainan ini mirip dengan permainan takraw.

Tetapi dalam permainan dilarang menggunakan tangan, karena olahraga ini menggunakan kepala, dada dan bahu. Uniknya, bola dan net untuk permainan ini sudah diproduksi secara massal.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat video berikut ini. (poy)

(sumber tangerangkota.go.id, youtube/Suwandi)

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Banten
  2. Kisah Inspiratif
  3. Ragam
  4. Tangerang
  5. Olah Raga
KOMENTAR ANDA