1. OTONOMI
  2. NEWS

Tol Cileunyi-Cilacap Siap Dibangun, Malaysia Akan Jadi Investornya

Pembangunan jalan tol tersebut akan dibagi menjadi dua paket.

Ilustrasi pembangunan jalan tol (otonomi.co.id/dwi narwoko). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Randi | Senin, 15 Mei 2017 15:08

Otonomi.co.id - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan ketertarikan Malaysia untuk membangun Tol Cileunyi-Tasikmalaya-Cilacap. Adalah UEM Group Berhard, siap menjadi investor untuk pembangunan jalan tol sepanjang 235 kilometer itu.

Menurut Herry, investor Tol Cikopo-Palimanan itu telah menyampaikan proposal pembangunan kepada pemerintah. Karena itu, BPJT akan mengundang UEM untuk melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Dalam proposal, papar Herry, pembangunan tol akan dibagi dalam dua paket. Untuk paket pertama, akan membentang mulai dari Gedebage Bandung hingga Cilacap Jawa Tengah. UEM sendiri akan menggandeng PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Demikian dikutip dari harianjogja.com, Senin 15 Mei 2017.

Sementara, pada pengerjaan paket kedua, yakni pembangunan tol dari Cilacap-Jogja, UEM akan menggandeng sejumlah BUMN dan perusahaan daerah.

Pada pertemuan selanjutnya, akan dibahas permintaan investor mengenai dukungan pemerintah untuk meningkatkan kelayakan tol. Pertemuan itu juga akan membahas kesediaan investor untuk menalangi biaya pembebasan lahan.

"Harus ada kesediaan pemrakarsa untuk mendanai lahan terlebih dahulu. Ini yang akan kita konfirmasi selanjutnya," ujar dia. (poy)

PILIHAN EDITOR

(R/R)
  1. Nasional
  2. Kabupaten Bandung Barat
  3. Kabupaten Cilacap
  4. Kabupaten Tasikmalaya
  5. Kota Tasikmalaya
KOMENTAR ANDA