1. OTONOMI
  2. NEWS

Sebanyak 533 Atlet Indonesia Berlaga di SEA Games Malaysia 2017

Jokowi: dari Tanah Air, Saya tunggu Indonesia Raya Berkumandang di Sea Games.

Presiden Jokowi melepas Kontingen Indonesia ke ajang SEA Games 2017 (setkab). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Senin, 07 Agustus 2017 15:15

Otonomi.co.id - Presiden Joko Widodo melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang Sea Games XXIX Malaysia 2017 di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta Senin 7 Agustus 2017. Indonesia mengirimkan kontingen sebanyak 533 atlet. 

Ratusan atlet itu diberangkatkan dalam 15 kloter. SEA Games Malaysia sendiri akan digelar pada 19-30 Agustus 2017.

Presiden meminta kepada para atlet tersebut untuk berjuang mengharumkan bangsa dalam ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara itu. Terlebih, atlet yang berlaga akan disaksikan oleh jutaan rakyat Indonesia.

Selain perolehan medali, Presiden menekankan bahwa Kontingen Indonesia harus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang tangguh, sanggup bersaing, bermental pemenang serta menjunjung tinggi fair play.

“Dari tanah air, saya menanti lagu Indonesia Raya berkumandang di SEA Games ke XXIX, dan bendera Merah Putih berkibar dengan gagah mewakili kebanggaan bangsa Indonesia,” pesan Presiden dikutip dari Setkab.

Sebagai negara besar, Presiden menilai semestinya Indonesia memasang target meraih juara umum. Terlebih, Indonesia pernah sepuluh kali meraih gelat juara umum pada ajang tersebut.

Presien juga menilai persaingan antar negara pada ajang tersebut sama, yakni untuk meraih kemenangan dan memperebutkan gelar juara. “Menginginkan emas semuanya pasti seperti itu karena menyangkut kebanggaan bangsa, menyangkut sebuah prestasi dan rasa bangga, semuanya pasti arahnya ke sana semuanya,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi menambahkan pembinaan atket harus dilakukan secara terus menerus. Presiden menyebut kompetisi antar usia pada semua cabang olahraga juga harus dilakukan dan disertai sistem anggaran yang terencana baik.

Jokowi juga meminta ajang SEA Games ini sebagai batu lompatan guna menghadapi ajang yang lebih besar yakni Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta.

“Tanpa mengorganisasi seperti itu, dengan sistem kompetisi-kompetisi, ya apapun sulit. Semakin banyak kompetisi akan memperbaiki prestasi-prestasi atlet. Kuncinya di situ saya kira,” ujarnya.

Untuk memacu semangat para atlet, Pemerintah telah menyiapkan hadiah bagi para peraih medali emas. Mulai dari hadiah uang hingga posisi Pegawai Negeri Sipil ditawarkan Pemerintah untuk atlet yang berprestasi.

Selain kontingen Indonesia, pada pelepasan tersebut juga dihadiri oleh beberapa menteri seperti Menko PMK Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menpora Imam Nahrowi dan pejabat lainnya. (ita)

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Nasional
  2. Presiden Jokowi
  3. NEWS
  4. SEA Games 2017
KOMENTAR ANDA