1. OTONOMI
  2. NEWS

Hong Kong Berminat Investasi Air Bersih di Kabupaten Pekalongan

Dengan adanya bantuan dari investor, maka percepatan dan pemerataan pembangunan daerah bisa terjadi.

Ilustrasi air bersih (pixabay). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Jum'at, 11 Agustus 2017 11:50

Otonomi.co.id - Kabupaten Pekalongan memiliki potensi ekonomi dan sumber daya yang menarik minat investor untuk menanamkan modalnya. Salah satu investor yang tertarik menanamkan modalnya adalah perusahaan dari Hong Kong, yaitu Hong Kong Bali Hydro System Company Limited.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan kekayaan alam yang dimiliki Pekalongan yakni sumber mata air yang bersih. Bahkan air bersih ini mampu menyuplai kebutuhan air masyarakat wilayah Kotamadya Pekalongan dan sebagian wilayah Kabupaten Batang. Meski begitu, dia mengaku pemanfaatan air ini belum maksimal.

"Oleh karena itu perlu dilakukan terobosan besar agar kita dapat memanfaatkan kekayaan alam tesebut agar merata dinikmati masyarakat secara luas," ujar Asip saat bertemu dengan investor Hong Kong dikutip dari pekalongankab.go.id , Jumat 11 Agustus 2017.

Senada dengan Bupati, Kepala Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pekalongan Imam Sulistyo menjelaskan sumber daya air yang dimiliki wilayah itu cukup luar biasa besar tetapi pengelolaannya belum maksimal karena harus membutuhkan dukungan anggaran yang relatif besar.

Ia menuturkan, saat ini PDAM membutuhkan anggaran sebesar Rp250 miliar untuk membangun sarana prasarana serta membangun jaringan air sepanjang 50 km. Ditargetkan dengan jaringan tersebut mampu mencapai 60 ribu pelanggan.

Oleh karena itu, dia menyambut baik apabila ada investror yang berminat untuk pengembangan PDAM di Kabupaten Pekalongan.

Siap investasi

Perwakilan Hong Kong Found Bali Hydro System Company Limited Rudy Setyo Purnono mengaku siap menggelontorkan dana untuk daerah yang potensial seperti Kabupaten Pekalongan. Selain itu, kata dia, kesempatan ini juga dapat membantu Pemerintah dalam rangka percepatan dan pemerataan pembangunan.

"Sumber daya alam yang melimpah di Kabupaten Pekalongan ini juga menambah point hingga kita bertekad untuk dapat berinvestasi di sini," ujar Rudy. (poy)

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Jawa Tengah
  2. Kabupaten Pekalongan
  3. Investasi Daerah
  4. NEWS
KOMENTAR ANDA