1. OTONOMI
  2. NEWS

Ganjar Pranowo di Antara Pesaing Menuju Pilgub Jateng 2018

Siapa sajakah yang akan bertarung pada pilgub Jateng mendatang?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (otonomi/dwi narwoko) ©2017 Otonomi.co.id
Reporter : Rikko Ramadhana | Kamis, 18 Mei 2017 17:14

Otonomi.co.id - Pemilhan kepala daerah akan kembali dilakukan secara serentak pada 27 Juni 2018. Beberapa provinsi besar akan mengalami transisi kepemimpinan, sebut saja Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Salah satu pilkada yang cukup dinantikan yakni Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Beberapa kandidat disebut-sebut akan bertarung pada ajang demokrasi lima tahunan itu.

Untuk menyelenggarakan Pilgub Jateng ini, KPU telah merencanakan anggaran sebesar Rp1,131 triliun.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan tahapan Pilgub Jateng 2018 akan dimulai Agustus 2017.

Setelah melakukan penetapan serta penyusunan regulasi, tahapan selanjutnya yakni pembentukan badan penyelenggara pemilu, yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS), September dan Oktober 2017.

Kemudian, pada Medio November-Desember akan dibuka pendaftaran dan penyerahan dukungan jika ada bakal calon yang maju dari jalur perseorangan.

Joko mengatakan dukungan calon perseorangan akan diverifikasi dalam waktu kurang lebih satu bulan, sedangkan pendaftaran calon akan dibuka pada Januari 2018.

"Penetapan pasangan calon dilakukan pada Februari 2018, dan kampanye dilaksanakan Maret 2018," ujarnya.

Nah, kira-kira siapa sajakah yang akan bertarung pada pilgub Jateng mendatang? Berikut akan ditampilkan beberapa nama yang disebut-sebut bakal meramaikan pemilihan Gubernur Jateng 2018.

1. Ganjar Pranowo

Ya, Ganjar masih menjadi calon terkuat untuk kembali meraih pucuk pimpinan tertinggi di Provinsi Jateng. Gaya kepemimpinan Ganjar yang sederhana serta aktif di media sosial diprediksi mampu menarik hati masyarakat Jateng untuk kembali memilihnya dalam pilgub nanti.

Meski begitu, partai yang mengusungnya yakni Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan belum bisa memutuskan apakah akan kembali 'menjagokan' Ganjar sebagai gubernur atau tidak.

Dilansir merdeka.com, Ganjar sendiri masih menunggu keputusan partai yang berada di tangan Ketua Umum yakni Megawati Soekarno Putri. Meski belum mendapat kepastian dari pengusungnya, Ganjar sendiri mengaku siap jika kembali dipersilakan maju memimpin Jateng untuk kedua kalinya.

"Sekarang masih menunggu keputusan Ketua Umum dulu. Tetapi kalau hasil keputusannya tetap sama lagi, ya saya siap," ujar Ganjar.

Jika tidak terpilih, kata dia, semua keputusan tetap harus menunggu instruksi Ketua Umum. Namu, jika ada calon lain yang diusung oleh PDI Perjuangan, dia tetap memberikan dukungan. Ganjar menuturkan hal tersebut sangat wajar terjadi.

"Siapapun berhak dan boleh mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Di PDIP itu clear," ucapnya.

Ganjar saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah untuk periode 2013-2018. Sebelum menduduki kursi Gubernur Jateng, Ganjar juga pernah menjadi anggota DPR RI Komisi II pada 2009-2014.

Selanjutnya -->>> Dari Wagub hingga Bupati Kudus

 

 

(RR/RR)
NEXT: Mulai dari Wagub Hingga Bupati Kudus
  1. Jawa Tengah
  2. Pilkada
  3. NEWS
  4. Pilkada Serentak 2018
  5. Fokus
KOMENTAR ANDA