1. OTONOMI
  2. NEWS

DPR Minta Anggaran Rp5,7 Triliun, Ini Tanggapan Mendagri

Anggaran tersebut naik dari anggaran tahun ini sebesar Rp4,26 triliun.

Ruang Kerja Anggota DPR (pksnongsa.org). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Jum'at, 11 Agustus 2017 19:41

Otonomi.co.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menanggapi permintaan anggaran yang diajukan DPR sebesar Rp5,7 trilium. Menurut Tjahjo, anggaran tersebut perlu dipertimbangkan dari segala aspek.

“Pemerintah menghargai usulan dari DPR,” kata Tjahjo dikutip dari kemendagri.go.id Sabtu 12 Agustus 2017.

Mendagri yakin anggaran yang diajukan oleh DPR tersebut tidak main-main. Yang terpenting, menurut Tjahjo anggaran sebesar itu harus bisa dipertanggungjawabkan penggunaannya.

“Sudah sesuai kebutuhan yang ada dan perkiraan yang ada. Bagi pemerintah sepanjang itu visible bisa dipertanggungjawabkan saya kira tidak ada masalah,” ujarnya.

Di era keterbukaan dan tingginya tingkat kritis masyarakat, Tjahjo sepakat bahwa penambahan anggaran ini diperuntukkan rehab gedung. Menurutnya kondisi gedung saat ini sudah tidak memungkinkan.

“Dulu hanya 2-3 orang sekarang dengan staf ahlinya satu ruangan bisa untuk 4-5 orang. Ada sedikit gempa akan sangat menakutkan. Saya kira pemerintah yakin bisa memahami,” tutup dia.

Seperti diketahui, DPR telah mengajukan anggaran sebesar Rp5,7 triliun untuk tahun 2018 mendatang. Sebagaimana dikatakan Ketua Badan Usaha Rumah Tangga (BURT) DPR Anton Sihombing, jumlah tersebut terbagi untuk Dewan sebesar Rp4 triliun dan untuk Sekretariat sebesar Rp1,7 triliun.

Anton menyebut pengusulan anggaran tersebut naik dari anggaran tahun ini yakni Rp4,26 Triliun. Namun menurutnya, kenaikan itu tidak begitu besar jika dibandingkan dengan nilai APBN.

"Itu untuk semua, gaji dan lain-lain tapi itu baru 0.35 persen dari APBN," ujar Anton. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Nasional
  2. Gaji
  3. NEWS
  4. DPR RI
KOMENTAR ANDA