1. OTONOMI
  2. NEWS

Catat, Ini Syarat Pengajuan Kredit Rumah Pakai BPJS

Syarat utama terkait bantuan KPR, yaitu karyawan sudah terdaftar sebagai peserta aktif BPJS-TK minimal setahun.

Ilustrasi kunci rumah (pixabay). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Stella Maris | Senin, 07 Agustus 2017 14:10

Otonomi.co.id - Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) menyediakan fasilitas kredit penyediaan rumah alias KPR. Namun untuk mendapatkan fasilitas tersebut, ada syarat yang harus dipenuhi.

Layanan fasilitas tersebut dialamatkan pada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan gaji di bawah Rp4 juta. Nah bagi mereka dengan gaji di atas Rp4 juta dengan batas maksimal Rp7 juta (non MBR) juga dapat menikmati fasilitas tersebut.

Laman Halomoney.co.id menginformasikan, syarat utama terkait bantuan KPR, yaitu karyawan sudah terdaftar sebagai peserta aktif BPJS-TK minimal setahun. Bukan hanya itu saja, fasilitas KPR BPJS-TK juga mematok syarat mengenai maksimal pinjaman, jangka waktu kredit, dan besaran uang muka.

Nah syarat KPR BPJS-TK subsidi, nilai pinjaman yang diberikan mulai dari Rp120-190 juta. Maksimal harga rumah yang dibiayai BPJS-TK adalah sekitar Rp200 juta per unit.

Tingkat suku bunga adalah 5% selama 20 tahun. Anda juga harus menyediakan uang muka minimal sebesar 1% dari harga rumah. Misalnya, harga rumah Rp200 juta artinya Anda harus menyediakan uang muka sebesar Rp2 juta.

Sementara syarat untuk KPR BPJS-TK non subsidi atau non MBR, maksimal harga rumah adalah Rp500 juta. Tingkat suku bunga BI RR plus 3%. Anda harus menyediakan uang muka minimal 5% dari harga rumah, dan jangka waktu pinjaman adalah 20 tahun.

PILIHAN EDITOR

(SM/SM)
  1. BPJS
  2. Nasional
  3. Rumah Murah
KOMENTAR ANDA