1. OTONOMI
  2. NEWS

Berkat Inovasi Pengembangan Sagu, Riau Raih Budhipura dari Kemenristek

STP Riau menjadi wadah untuk mencetak para pengusaha yang berbasis teknologi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi.

Ilustrasi teknologi industri (klikbontang.com). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Sabtu, 12 Agustus 2017 12:01

Otonomi.co.id - Pemerintah Provinsi Riau berhasil mendapat penghargaan Budhipura dari Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti). Penghargaan tersebut diberikan karena Pemprov Riau berhasil menerapkan inovasi Science Techno Park (STP) pengembangan sagu di wilayahnya.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, STP merupakan salah satu potensi keunggulan yang dimiliki oleh Riau khususnya dalam pengembangan sagu. Dia mengatakan tanaman sagu bisa tumbuh subur di seluruh wilayahnya.

"Kita mempersentasekan terkait sagu dan pengembangannya. Begitu juga dengan pembinaan bagi pelaku mulai dari petani hingga pengusaha sagu di kabupaten dan kota," ujar Andi Rachman, sapaan akrab Arsyadjuliandi Rachman, dikutip dari riau.go.id, Sabtu 12 Agustus 2017.

STP Riau menjadi wadah untuk mencetak para pengusaha yang berbasis teknologi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, sehingga mampu bersaing dan memasuki pasar domestik dan mancanegara.

Teknologi dan inovasi yang dihasilkan dari kegiatan penelitian dikemas pada STP yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian wilayah. Selain Sagu, STP Riau juga fokus pada pengolahan kelapa, ikan, dan nanas untuk dicetak sebagai pengusaha pemula yang berbasis teknologi.

Hal yang digembleng untuk para pengusaha pemula tersebut yakni penguasaan teknologi, peralatan produksi, pengetahuan pasar, serat uji produk yang dihasilkan oleh tenant. Para pengusaha pemula akan dididik di STP Riau yang berada di Pasir Putih, Kabupaten Kampar selama tiga tahun.

Selama masa pendidikan tersebut, pengusaha akan diberikan pelatihan, pemagangan, penguasaan teknologi, pengenalan pasar terhadap produk yang telah dihasilkan. Serta dibuka akses terhadap sumber dana dan pasar yang lebih luas.

Penghargaan Budhipura merupakan anugerah tahunan dari Kemenristekdikti dan diberikan kepada pemerintah provinsi yang secara signifikan memberikan perhatian serius kepada pengembangan kelembagaan, sumberdaya dan jaringan iptek, sehingga menjadi lokomotif pembangunan di daerahnya.

Ajang ini telah digelar sejak 2012 lalu. Pada tahu 2017 terdapat tiga daerah yang mendapat penghargaan ini yakni, Jawa Barat, Riau dan Sumatera Selatan. (poy)

 

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Riau
  2. Ragam
  3. NEWS
KOMENTAR ANDA