1. OTONOMI
  2. NEWS

Asyik! Pemkot Bandung Gratiskan Biaya Sertifikasi Tanah

Keuntungan bagi warga dengan mensertifikasi tanah ini adalah memiliki kepastian hukum terhadap tanah yang dimilikinya.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto (merdeka.com). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Nur Chandra Laksana | Rabu, 11 Januari 2017 12:51

Otonomi.co.id - Untuk merapikan data tanah yang ada di Kota Bandung, Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto mengajak warga untuk melakukan sertifikasi tanah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan antusiasme warga, mereka menggratiskan biaya untuk melakukan sertifikasi tanah tersebut.

"Jadi enggak ada biaya karena disubsidi oleh pemerintah. Biayanya satu sertifikat itu kan Rp 209 ribu, tapi karena disubsidi oleh pemerintah jadi gratis. Kita sudah menganggarkan," ujar Yossi seperti dikutip dari laman Merdeka.com, Rabu 11 Januari 2016.

Dia menambahkan, pada Januari ini akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat mengetahui program tersebut.

"Bulan Januari minggu 2-3 ini tahapannya kita adalah sosialisasi. Minggu ke 3-4 sudah mulai pendataan. Februari boleh lah sudah mulai verifikasi dan sebagainya. Sehingga diharapkan bulan Juni itu sudah bisa terbit sertifikatnya," lanjutnya.

Selain untuk mempermudah Pemkot, sertifikasi ini juga memiliki keuntungan bagi warganya. Salah satunya yakni memiliki kepastian hukum atas tanah yang dimiliki. Selain itu juga sertifikat tanah dapat menjadi sumber modal.

"Jadi keuntungan bagi masyatakat kalau sudah memiliki sertifikat adalah masyarakat memiliki kepastian hukum karena tanah yang dia kelola itu bersertifikat. Jadi tidak mungkin dijabel orang dan sebagainya, kalau tidak kan ini problem. Kedua menjadi sumber modal. Untuk artinya dia mengajukan untuk modal usaha ya bisa saja karena itu kepastian hukumnya," jelasnya.

Yossi mengaku, pihaknya akan membentuk tim gabungan bersama BPN untuk melakukan verifikasi tanah yang belum memiliki sertifikat. Dengan cara tersebut, dia menargetkan pada 2018 mendatang tidak ada lagi tanah di Kota Bandung yang belum bersertifikat

"Kita akan melakukan operasi sisir. Apalagi dibantu tim ajudikasi verifikasi dari BPN. Sehingga 2018-2019 tidak ada lagi tanah di Kota Bandung ini belum terdaftar. Namanya kota modern hari gini loh. Kalau ini sudah terdaftar kan ini mendapatkan kepastian hukum," ujarnya. (dwq)

PILIHAN EDITOR

(NCL/NCL)
  1. Jawa Barat
  2. Bandung
  3. Kota Bandung
KOMENTAR ANDA