1. OTONOMI
  2. NEWS

700 Nelayan di Kabupaten Pohuwato Akan Dijamin Asuransi

Asuransi diberikan secara cuma-cuma kepada para nelayan yang telah didaftarkan melalui seleksi

Ilustrasi nelayan/Pixabay. ©2017 Otonomi.co.id Editor : Desy Afrianti | Kamis, 05 Januari 2017 19:34

Otonomi.co.id - Ratusan nelayan di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo akan mendapatkan jaminan asuransi langsung dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI pada Januari ini.

"Sekitar 700 orang mendapatkan asuransi nelayan yang merupakan program KKP. Rencananya akan diserahkan pada Januari 2017," kata Kadis Perikanan Pohuwato Amrin Umar dikutip dari hargo.co.id, Kamis 5 Januari 2017.

Menurut Amrin, asuransi tersebut diberikan secara cuma-cuma kepada para nelayan yang telah didaftarkan melalui seleksi. Program asuransi nelayan ini baru percobaan.

"Jika sukses, maka program asuransi nelayan tersebut akan diperluas lagi. Mungkin dua tahun ke depan, nelayan yang mau masuk asuransi akan dikenakan premi. Kalau tidak salah Rp70 Ribu per tahun," ucap Amrin.

Nelayan dari Pohuwato sebelumnya hanya mendapatkan jatah dari KKP sebanyak 300 nelayan. Namun setelah dilakukan pembicaraan, jumlah nelayan yang menerima asuransi tersebut menjadi 700 orang.

Amrin menjelaskan, setiap nelayan yang kecelakaan dan mengalami cacat fisik atau bahkan korban jiwa saat melaut, maka sebanyak Rp200 juta akan diberikan kepada pihak keluarga.

"Kalau program ini berhasil, nanti semua nelayan khususnya di Pohuwato akan diasuransikan untuk mengantisipasi ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi," ucapnya. (Randi Mulyadi/Poy)

(DA)
  1. Gorontalo
  2. Kabupaten Pohuwato
KOMENTAR ANDA