Model Diagram Interaksi Antarpelaku Ekonomi (Circulair Flow Diagram)

by -671 views
Model Diagram Interaksi Antarpelaku Ekonomi (Circulair Flow Diagram)
Sumber: fuse.education.vic.gov.au

Para pelaku ekonomi berinteraksi satu sama lain sehingga terjadi- arus lingkar kegiatan ekonomi. Arus Lingkar kegiatan ekonomi adalah diagram yang menunjukkan/menggambarkan interaksi timbal balik antara pelaku ekonomi. Model diagram interaksi antarpelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi dapat dipelajari dalam model interaksi dua sektor dan model interaksi empat sektor.

Kegiatan ekonomi model dua sektor hanya melibatkan dua pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga keluarga dan perusahaan. Interaksi model dua sektor akan menggambarkan arus timbal balik sebagai berikut.

  • Rumah tangga menjual faktor-faktor produksi berupa tanah, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan ke perusahaan di pasar input.
  • Perusahaan menyerahkan balasjasa berupa sewa gaji/upah, bunga modat, dan laba usaha kepada rumah tangga sebagai pendap
  • Rumah tangga membeli barang dan jasa hasil produksi yang dijual perusahaan di pasar output.
  • Perusahaan memperoleh pendapatan setelah menjual barang dan jasa untuk kebutuhan rumah tangga.

Model diagram interaksi 2 sektor digambarkan sebagai berikut.

Model diagram interaksi 2 sektor

Model interaksi kegiatan ekonomi empat sektor menggambarkan interaksi timbal balik antara rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Kegiatan ekonomi dimana para pelakunya sudah melibatkan diri dengan kompleksitas aktivitasnya sangat tinggi.

Aliran kegiatan ekonomi antara rumah tangga dan perusahaan sama seperti model dua sektor. Ringkasnya, di pasar input terjadi jual-beli faktor-faktor produksi antara rumah tangga dan perusahaan. Rumah tangga memperoleh pendapatan dan perusahaan melangsungkan kegiatan produksinya. Kemudian melalui pasar output berlangsung jual-beli barang dan jasa, sehingga rumah tangga dapat memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa dan perusahaan memperoleh pendapatan.

Pemerintah sebagai pengatur, pelaku, dan konsumen ketertibatannya dalam kegiatan ekonomi sangat Sebagai konsumen pemerintah bekerja di pasar input dan juga di pasar output, di pasar tersebut terjadi interaksi dengan rumah tangga dan perusahaan serta masyarakat luar negeri, begitu juga sebaliknya. Kejadian lain muncul hak dan kewajiban bagi semua pihak. Pemerintah melakukan kegiatan konsumsi untuk memberikan pelayanan kepada ke-3 sektor lainnya sehingga terjadi kegiatan perekonomian yang kondusif. Pemerintah juga punya hak untuk memperoleh pendapatan dari ke-3 sektor lain berupa pajak dan jasa-jasa lainnya.

Interaksi kegiatan ekonomi dengan keterlibatan masyarakat luar negeri menciptakan terjadinya arus masuk dan keluar barang dan jasa serta faktor-faktor produksi. Dalam kegiatannya semua sektor ekonomi sama-sama membutuhkan barang, jasa, dan faktor-faktor produksi. Dengan demikian, muncul pula hak dan kewajiban diantara mereka. Dari upaya saling memenuhi kebutuhan tersebut terjadilah saling memberikan manfaat untuk membantu memahami interaksi kegiatan ekonomi empat sektor, berikut disajikan model diagramnya.

interaksi kegiatan ekonomi empat sektor

Keterangan:

1. Aliran faktor-faktor produksi dari RTK ke RTP dan RTN, melalui pasar input.

2. Aliran uang dari RTP ke RTK untuk pembayaran atas penggunaan faktor-faktor produksi.

3. Aliran barang dan jasa dari RTP ke RTK dan RTN, melalui pasar output.

4. Atiran uang dari RTK ke RTP untuk pembayaran atas pembelian barang dan jasa.

5. Aliran uang dari RTN ke RTK dan RTP.

  • Aliran ke RTK untuk pembayaran penggunaan factor-faktor
  • Aliran ke RTP untuk pembayaran atas pembelian barang dan jasa.

6. Pembayaran pajak (antara lain PPh, PBB, PPN, dan retribusi) dari RTK dan RTP kepada RTN.

7. Alur pelayanan dari RTN untuk RTK dan RTP.

8. Kegiatan ekspor impor faktor-faktor produksi, barang dan jasa, dan lain-l Kegiatan yang dilakukan masyarakat luar negeri di pasar output dan pasar input.

9. Pembayaran dari dan ke luar negeri atas transaksi antaranegara.

10. Pelayanan yang diberikan RTN yang berhubungan dengan aktivitas no. 8 dan no. 9 dalam bentuk. misalnya kebijakan perdagangan internasional. Selain pelayanan. RTN juga memperoleh keuntungan misalnya devisa