Mari Kenali Indikator untuk Fear and Greed Index Secara Lengkap!

by -1,558 views
fear and greed index

Hampir sebagian besar masyarakat pada masa sekarang sudah memutuskan untuk memulai proses investasi melalui bantuan kripto karena memang dianggap memberikan keuntungan. Namun sayangnya, masih banyak juga yang malah tidak tahu mengenai istilah Fear and Greed Index padahal memiliki peran yang besar. Belum lagi jenis indeks tersebut memiliki beberapa indikator yang penting.

Secara sederhana, jenis indeks ini dapat diketahui dan dipahami secara tepat sebagai sebuah alat untuk membantu menghitung sentimen dari investor. Walaupun begitu, tetap saja jenis indeks ini tidak dapat berdiri sendiri dan memerlukan beberapa aspek khusus untuk dijadikan sebagai indikator. Simak beberapa jenis indikator yang sejak awal dalam indeks ini!

1. Volatilitas Aset Kripto

Jenis indikator yang pertama ini secara sederhana bisa dimasukkan ke dalam kategori indikator yang paling sering digunakan untuk indeks ini. Apalagi jenis indikator ini juga dinilai sebagai aspek yang paling tepat untuk memperhitungkan seperti apa besaran dari sentimen setiap investor. Nantinya hasilnya akan digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan transaksi masing-masing.

Kemudian aspek dari volatilitas ini biasanya juga digunakan untuk menghitung dalam Fear and Greed Index dengan tetap disesuaikan pada waktu. Misalnya saja, nanti akan diperhatikan beberapa transaksi kripto yang sudah dilakukan oleh setiap investor selama minimal sekitar 90 hari terakhir. Namun perhitungan akan menjadi lebih mudah jika menggunakan bantuan aplikasi.

2. Volume dari Pasar

Memang tidak dapat dimungkiri bahwa jenis indeks seperti Fear and Greed memerlukan indikator yang berkaitan langsung dengan kondisi di pasar. Kali ini, setiap investor perlu juga mengetahui jumlah volume yang ada di pasar sebelum menentukan jenis transaksi yang akan dilakukan.

Biasanya nanti akan ditunjukkan kondisi bullish terutama ketika volumenya besar sehingga investor lebih mudah untuk menentukan langkah yang tepat berikutnya. Selain itu, sebaiknya ketahui kondisi dari volume atau momentum yang ada di pasar secara rutin dalam beberapa bulan yang terakhir.

3. Beberapa Media Sosial

Untuk jenis indikator yang digunakan dalam Fear and Greed Index selanjutnya ini mungkin sudah diketahui oleh beberapa investor yang berpengalaman. Apalagi jenis investasi melalui kripto memang sangat dipengaruhi besar oleh beberapa hal yang terjadi di sosial media terutama media Twitter. Ketika terjadi banyak unggahan di sana, maka pasar cenderung ramai.

4. Dominasi dari Pasar

Kali ini, setiap investor perlu memahami indikator ini dengan lebih tepat terutama jika nantinya menghadapi kondisi yang penting seperti bearish. Setiap hal yang terjadi di pasar terutama berkaitan dengan dominasi dari sebuah aset akan berpengaruh besar pada aset lainnya. Ketika sebuah aset tersebut lebih dominan, maka investor semakin tertarik.

5. Tren yang Terbaru

Sementara itu, untuk jenis indikator yang tidak kalah menarik berikutnya ini akan melibatkan bantuan dari alat populer seperti Google Trends. Namun tentu saja jenis alat ini hanya bisa digunakan secara tepat ketika setiap investor sudah memiliki kata kunci yang tepat. Belum lagi nantinya akan diperlihatkan beberapa situs yang memang terpercaya.

6. Survei yang Ada

Jenis indeks seperti Fear and Greed Index ternyata juga memanfaatkan bantuan dari sebuah survei khusus untuk menunjukkan sentimen dari investor. Namun sayangnya, semakin ke sini banyak yang memilih jenis indikator yang sebelumnya ketimbang dengan jenis indikator yang terakhir ini. Ditambah lagi, proses survei biasanya waktu yang jauh lebih banyak.

Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu sekarang!

No More Posts Available.

No more pages to load.