Manfaat Eco Farming untuk Tanaman

by -2,263 views
Manfaat Eco Farming untuk Tanaman
Foto oleh Soo Ann Woon dari Pexels

Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat diperhatikan di negara Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki tingkat  kesuburan tanah yang tinggi. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali produk-produk yang menunjang sektor pertanian. Mulai dari bibit yang unggul, hingga pupuk organik yang berkualitas.

Eco farming merupakan salah satu pupuk organik yang banyak digunakan masyarakat selain Eco Plant Protektor. Pasalnya, eco farming hadir dengan harga yang terjangkau, dan tentunya memiliki beragam nutrisi yang baik bagi tanaman.

Manfaat Eco farming

Eco farming merupakan sebuah produk pupuk organik yang bertujuan dalam memperbaiki tekstur tanah pertanian , sehingga meningkatkan produktivitas tanaman. Pupuk eco farming dilengkapi dengan 13 kandungan unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Tidak hanya itu, pupuk eco farming juga mengandung bakteri positif yang dapat mengurai bahan organik di dalam tanah, sehingga tanah menjadi subur dan produktivitas tanaman akan semakin meningkat.

Setelah Anda mengetahui apa itu Eco farming, berikut ini adalah beberapa manfaat eco farming untuk tanaman.

  1. Menetralkan pH atau Tingkat Keasaman Tanah

Tanah dikatakan memiliki tingkat keasaman yang baik jika pH dari tanah tersebut berkisar antara 6,5 hingga 7,5. Namun, tanah bisa saja menjadi lebih asam (pH lebih rendah) apabila tanah tersebut terkena curah hujan yang tinggi dan kekurangan unsur Kalsium serta Magnsium.

Pemberian pupuk eco farming pada tanah yang asam, dapat menetralkan kembali tingkat keasaman tanah dan juga mampu memberikan nutrisi berupa Kalsium dan Magnesium. Dengan kondisi tanah yang baik, maka pertumbuhan tanaman akan berjalan dengan normal.

  1. Imunitas Tanaman Menjadi Lebih Kuat

Sama seperti manusia, tanaman tentu akan terserang penyakit apabila imuntas tanaman tersebut rendah. Penyakit ini dapat disebabkan oleh mikroorgnisme berupa virus, bakteri dan jamur. Tentunya, tanaman yang berpenyakit akan mengalami kondisi yang tidak sehat, hingga akhirnya tanaman tesebut layu dan mati. Manfaat eco farming untuk tanaman salah satunya adalah meningkatkan imunitas pada tanaman, sehingga tanaman dapat bertahan dari serangan mikroorganisme.

  1. Meningkatkan Kualitas Hasil Panen

Produk eco farming yang kaya dengan 13 kandungan unsur hara, akan sangat membantu tumbuhan dalam mencukupi kebutuhan nutrisinya. Ketiga belas unsur hara ini diantaranya adalah Nitrogen, Phoospor, Sulfur, Kalsium, Boron dan Tembaga. Ketika sebuah tanaman telah tercukupi nutrisinya, maka tanaman akan tumbuh dengan sehat dan kualitas dari hasil panen tanaman akan menjadi semakin meningkat.

  1. Mempercepat Masa Panen

Tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hasil panen, manfaat eco farming untuk tanaman juga mampu mempercepat masa panen dari tanaman. Dengan nutrisi yang lengkap dalam pupuk Eco farming, maka tanaman akan mampu tumbuh lebih cepat hingga masa panen tiba.

  1. Melindungi Tanaman dari Serangan Hama

Manfaat eco farming untuk tanaman adalah mampu melindungi tanaman dari serangan Hama. Dengan menggunakan pupuk eco farming, tumbuhan akan terlindungi dari dalam, sehingga hama akan menjauh dengan sendirinya. Tentunya, hal ini juga membantu dalam menekan penggunaan pestisida secara berlebihan.

Demikianlah beberapa manfaat eco farming untuk Tanaman. Tentunya penggunaan pupuk organik Eco farming akan sangat membantu petani dalam menurunkan biaya produksi dan tentunya membantu pertumbuhan tanaman menjadi baik.