Manajemen dan Badan Usaha

by -79 views
Sumber: thebalance.com

Manajemen

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah seni untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain. (Stoner, 1986)

Bidang-Bidang Manajemen

  1. Manajemen Produksi, kegiatan pengaturan faktor-faktor produksi agar dapat menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa. Tujuannya ialah untuk mengatur produksi barang atau jasa dalam jumlah, kualitas, harga, waktu, serta tempat yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  2. Manajemen Pemasaran, kegiatan pengaturan secara maksimal fungsi pemasaran agar kegiatan pertukaran atau penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dapat berjalan lancer dan memuaskan.
  3. Manajemen Keuangan, merupakan kegiatan untuk memperoleh dan menggunakan dana dengan tujuan meningkatkan atau memaksimalkan nilai perusahaan.
  4. Manajemen Personalia, adalah ilmu atau seni yang mengatur hubungan atau peranan tenaga agar efektif dan efisien sehingga membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
  5. Manajemen Administrasi, adalah cabang dari seni dan ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan dan dimana pun pekerjaan itu dilakukan.

Fungsi-Fungsi Manajemen

Ada 4 fungsi manajemen, diantaranya:

  1. Perencanaan (planning), adalah fungsi yang berhubungan dengan penetapan tujuan, penentuan strategi, memformulasikan rencana fungsional (embagian tugas dan tanggung jawab tiap divisi), implementasi rencana dll.
  2. Pengorganisasian (organizing), adalah pembagian tugas yang akan dikerjakan dan pengembangan struktur organisasi/perusahaan yang sesuai.
  3. Pengarahan (Directing), bertujuan agar orang-orang yang terlibat dalam organisasi dapat bekerja dengan cara membantu tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
  4. Pengawasan (Controling), merupakan fungsi yang berhubungan dengan prosedur pengukuran hasil kerja terhadap tujuan perusahaan.

Jenjang Manajemen

Jenjang Manajemen

Teori-Teori Manajemen

Ada 5 kelompok teori manajemen. Diantaranya yaitu:

  1. Aliran Klasik, kelompok ini mendefinisikan manajemen menurut fungsi manajemen
  2. Aliran Prilaku (aliran manajemen hubungan manusia), aliran ini memusatkan pada asek manusia dan menekankan perlunya manajer memahami manusia
  3. Aliran Ilmu Manajemen, dalam membangun teorinya, aliran ini menggunakan ilmu matematika dan statistic
  4. Aliran analisis siste, penekanan aliran ini pada pengidentifikasian masalah dalam hubungannya dengan bagian-bagian lain
  5. Aliran manajemen berdasarkan hasil (Peter Drucker). Aliran ini lebih memusatkan perhatian pada hasil bukan pada karyawan

 

Badan Usaha

Pengertian Badan Usaha dan Perusahaan

Badan usaha adalah kesatuan yuridis dan ekonomis yang bertujuan untuk mencari laba. Sedangkan perusahaan adalah suatu kesatuan faktor-faktor produksi yang bertujuan menghasilkan barang.

Untuk menjadi sebuah perusahaan yang legal, maka diperlukan beberapa syarat antara lain:

  1. Memenuhi tempat kedudukan
  2. Menjalankan usaha secara legal
  3. Bertindak secara terus-menerus
  4. Bertujuan mendapatkan laba
  5. Memiliki perjanjian legal dengan pemerintah

Jenis-jenis Badan Usaha

Jenis-jenis Badan Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *