1. OTONOMI
  2. KOMODITAS

Terungkap, Ini Salah Satu Penyebab Melonjaknya Harga Bawang Putih

Atas kasus ini, pemerintah memberikan hukuman tegas kepada perusahaan tersebut dengan mencabut izin impor serta..

Bawang putih (pixabay). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Kamis, 18 Mei 2017 14:50

Otonomi.co.id - Penyebab melonjaknya harga komoditas bawang putih akhir-akhir ini mulai terungkap. Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan salah satu penyebab adanya kenaikan harga bawang yakni temuan penimbunan bawang putih sebanyak 182 ton di Gudang Marunda, Jakarta. Komoditas tersebut terus bergejolak harganya hingga mencapai Rp55-60 ribu per kilogram.

Mentan menceritakan, penimbunan tersebut berhasil terungkap setelah jajarannya terjun ke lapangan bersama Wakapolri Komjen Pol Syafruddin dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Iriawan.

"Kami sudah komunikasi ke lapangan, ini yang memengaruhi harga bergejolak. Sebenarnya secara teknis tidak ada alasan harga bergejolak karena sebagian besar bawang putih diimpor," kata Amran dikutip laman jpp.go.id, Kamis 18 Mei 2017.

Dia menjelaskan, setelah adanya penemuan oleh polisi ini, diharapkan harga bawang putih bisa berangsur turun. Harga tersebut diharapkan sesuai dengan kesepakatan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan 42 perusahaan importir yakni dibawah harga Rp38.000 per kg.

"Kami imbau seluruh pengusaha kecil, menengah, besar seluruh Indonesia, kami minta tolong dijaga ketenangan harga dalam menghadapi bulan suci Ramadan. Dijaga agar harga tidak fluktuasi, tolong jangan disimpan di gudang," kata dia.

Penemuan penimbunan
Sementara itu Ketua Satgas Pengendalian Harga Bahan Pokok dan Makanan Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya mengatakan informasi penimbunan berawal dari Kementan. Kemudian, satgas di tingkat Polres, Polda dan Mabes berkoordinasi dengan sejumlah kementerian untuk segera menindak PT LBU yang merupakan pelaku penimbunan.

"PT LBU tidak hanya memasok dari Surabaya saja, tetapi juga dari Medan. Kita tahu di situlah kita dapatkan gudang menimbun termasuk ada truk yang baru masuk dari Medan," kata dia.

Atas kasus ini, pemerintah memberikan hukuman tegas kepada perusahaan tersebut dengan mencabut izin impor serta tidak lagi mendapat rekomendasi impor dari Kementan. (poy)

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Harga Komoditas
  2. Nasional
  3. Komoditas
  4. Komoditas Daerah
  5. NEWS
KOMENTAR ANDA