Keuntungan Memiliki Website dan Cara Membuat Website yang Perlu Diketahui

by -766 views
Keuntungan Memiliki Website dan Cara Membuat Website yang Perlu Diketahui

Siapa sih, di era digital ini yang tidak mengetahui website? Sepertinya hampir semua orang sudah mengenalnya ya. Secara umum, website merupakan sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang menyajikan informasi, diletakkan di dalam sebuah server atau hosting yang mana untuk mengaksesnya melalui halaman depan (home page) kita memerlukan jaringan internet.

Beberapa orang sudah mulai memiliki website sendiri untuk berbagai keperluan, utamanya adalah keperluan bisnis. Website dapat dikatakan salah satu platform yang sangat membantu kita dalam memajukan bisnis yang sedang kita jalankan. Dengan adanya website juga, kita bisa memperluas pemasaran atas produk yang kita buat.

Nah, namun tidak sedikit yang masih belum tahu keuntungan memiliki website. Pada artikel kali ini akan coba disampaikan terkait keuntungan memiliki website dan bagaimana cara membuat website sendiri dengan mudah. Yuk simak ulasannya!

Keuntungan Memiliki Website

  1. Meningkatkan Kredibilitas

Salah satu keuntungan memiliki website adalah mampu meningkatkan kredibilitas bisnis atau perusahaan yang sedang dijalankan. Saat kita sebagai pelaku bisnis memiliki website bisnis resmi, maka hal ini akan memudahkan pelanggan untuk melakukan pencarian barang yang kita tawarkan kepada mereka.Untuk memaksimalkan keuntungan dari pembuatan website ini, teman-teman bisa mencoba untuk membuat sendiri atau memanfaatkan jasa pengembang website.

  1. Menghemat Biaya

Sebagai pemilik bisnis, tentu promosi bukanlah suatu yang sing bagi kita bukan? Media promosi bisa dilakukan dengan cara konvensional ataupun secara digital. Cara konvensional misalnya dengan menyebarkan pamflet yang mana memerlukan biaya yang sangat banyak. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak alternatif promosi salah satunya adalah dengan menggunakan media digital, seperti website dan media sosial. Dengan memanfaatkan website, kita tidak perlu menghabiskan uang dalam jumlah banyak sekaligus bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

  1. Sebagai Media untuk Terhubung dengan Konsumen

Melalui website, interaksi antara kita pemilik bisnis dengan pelanggan juga akan lebih efektif. Kita bisa lebih mudah dalam menyampaikan berbagai informasi terbaru yang nantinya akan dibutuhkan oleh para pelanggan. Selain itu, kita juga bisa memberikan kemudahan bagi para konsumen yang ingin melakukan transaksi ataupun pemesanan dengan cara tertentu.

  1. Memudahkan dalam Memberikan Feedback

Saat kita menawarkan produk melalui website, pastina pelanggan yang telah mencoba produk tersebut ingin memberikan komentar atas produk yang telah digunakan. Hal seperti ini akan bisa mudah dilakukan apabila kita memiliki website bisnis secara resmi. Bisnis kita bisa mendapatkan testimoni langsung dari para pelanggan, di mana hal tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan popularitas produk dan bisnis milik kita.

  1. Lebih Mudah dalam Mencari Mitra

Setiap bisnis atau perusahaan tentu ingin berkembang bukan? Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis adalah mencari mitra dan membangun suatu hubungan kerjasama. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan beberapa faktor, salah satunya adalah dengan memiliki website. Website bisa dijadikan tempat untuk mendapatkan mitra kerjasama yang nantinya akan membuat usaha yang kita jalankan semakin berkembang. Dengan memanfaatkan website pula, orang lain yang ingin menjadi mitra dari bisnis kita juga bisa mengetahui sejauh mana eksistensi dari bisnis yang kita jalankan saat ini.

Cara Membuat Website Sendiri

Jika teman-teman merasa tertarik dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapat karena membuat website, teman-teman juga bisa lho membuat website sendiri. Dengan memiliki website sendiri, kita bisa menambahkan informasi detail terkait produk atau jasa yang ditawarkan.

Lalu bagaimana caranya? Yuk simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Menentukan Nama Domain dan Hosting

Banyak orang bertanya, bagaimana sih cara memilih nama domain yang menarik?

  • Pertama, yang perlu diperhatikan adalah dengan menyesuaikan tema website yang akan dibuat.
  • Selanjutnya gunakan nama domain yang sesuai dengan isi website yang dibuat, sehingga pengunjung website akan lebih mudah memahami keseluruhan website kita.
  • Gunakan kata yang mudah diingat dan diketik
  • Hindari penggunaan angka dan tanda baca
  • Jangan menggunakan nama domain yang terlalu panjang
  • Pilihlah ekstensi domain yang tepat
  • Gunakan nama domain yang kreatif dan brandable
  • Pastikan juga nama domain yang kita gunakan belum digunakan oleh pihak lain.

Nah Untuk teman-teman yang masih bingung cara memesan domain dan hosting, akan kami sampaikan informasi umum cara memesan domain dan hosting.

  • Pilih paket hosting. Teman-teman bisa memilih paket hosting sesuai kebutuhan yang teman-teman butuhkan di layanan jasa penyedia hosting seperti Jetorbit.
  • Pilih domain yang diinginkan. Jika teman-teman membeli domain di Jetorbit, teman-teman akan mendapatkan tiga pilihan yaitu beli nama domain baru di Jetorbit, transfer nama domain baru di Jetorbit, dan gunakan nama domain yang sudah dimiliki.
  • Periksa pesanan dan pergantian siklus hosting
  • Registrasi dan checkout
  • Lakukan pembayaran.

Untuk panduan lebih lengkap, teman-teman bisa membacanya di cara memesan hosting dan domain.

  1. Install WordPress

Untuk melakukan tahap ini, teman-teman bisa mengikuti panduan di bawah ini:

  • Buka domainanda.com/cpanel kemudian masukkan username dan password yang diberikan saat membeli hosting.
  • Cari dan klik logo WordPress. Jika tidak ada, pilih “Softaculous Apps Installer” (softaculous adalah aplikasi untuk menginstal berbagai platform website, salah satunya adalah WordPress).
  • Pilihh tombol “install now”.
  • Isi informasi yang diperlukan.

Setelah semua informasi yang diperlukan terisi, selanjutnya klik tombol “instal”.

  • Tunggu sampai website teman-teman terisntal WordPress dengan sempurna.
  1. Lakukan Setting Website, Install Plugin, dan Themes
  • Pertama atur menu general setting pada wordpress
  • Selanjutnya instal plugin standar
  • Atur layout dengan mengatur tema

Untuk mengganti template, langkah pertama yang harus teman-teman lakukan tentu saja login akun WordPress dan masuk dashboard. Untuk login ke WordPress, akses ke https://domainnya.com/wp-admin

Setelah berhasil masuk maka langsung menuju menu appearance di sebelah kiri dan pilih themes kemudian pilih add new. Singkatnya adalah appearance => themes => add new.

Setelah klik add new, akan muncul banyak pilihan template secara gratis dan teman-teman langsung bisa memilih. Teman-teman bisa mencari dan menemukan template sesuai kebutuhan lalu pilih Install untuk mengaktifkan template baru tersebut.

Nah, demikian tadi informasi terkait keuntungan memiliki website dan cara mudah membuat website sendiri. Teman-teman juga bisa menggunakan jasa layanan pembuatan website dari Jetorbit untuk memenuhi kebutuhan website teman-teman. Tidak hanya pembuatan website, namun Jetorbit juga menyediakan layanan pembuatan aplikasi untuk teman-teman semua.

arahkan ke page hosting jetorbit

Arahkan ke page beli domain jetorbit

No More Posts Available.

No more pages to load.