Kebijakan dan Strategi Pembangunan

by -717 views
Kebijakan dan Strategi Pembangunan
Sumber: theconversation.com

Pembangunan ekonomi merupakan upaya yang dilakukan negara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Strategi merupakan langkah-langkah yang berisi program-program indikatif untuk mewujudkan visi dan misi. Strategi harus diladikan salah satu rujukan penting dalam perencanaan pembangunan. Rumusan strategi berupa pernyataan yang menjelaskan bagaimana tujuan dan sasaran akan dicapai, kemudian diperjelas dengan serangkaian arah

Visi pembangunan Nasional tahun 2005-2025 adalah lndonesia yang Mandiri, Maju, Adil, dan Makmur. Bangsa mandiri adalah bangsa yang mampu mewujudkan kehldupan sejajar dan sederajat dengan bangsa lain yang telah maju dengan mengandalkan kemampuan dan kekuatannya sendrri. Suatu bangsa dikatakan makin maju apabiia sumber daya manusianya memiliki kepribadian bangsa, berakhlak mulia, dan berkualitas pendidikan yang tinggi. Bangsa yang adil adalah bangsa yang tidak melakukan diskriminasi dalam bentuk apa pun, baik antarindividu, gender maupun wilayah. Bangsa yang makmur adalah bangsa yang sudah terpenuhi seluruh kebutuhan hidupnya sehingga dapat memberikan makna dan arti penting bagi bangsa-bangsa lain di dunia.

Misi pembangunan nasional adalah sebagai berikut.

  1. Mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila.
  2. Mewujudkan bangsa yang berdaya saing.
  3. Mewujudkan masyarakat demokratis yang berlandaskan hukum.
  4. Mewujudkan Indonesra aman, damai, dan bersatu.
  5. Mewujudkan pemerataan pembangunan dan berkeadilan.
  6. Mewujudkan lndonesia asri dan lestari.
  7. Mewujudkan Indonesia menjadi sebuah negara kepulauan yang mandiri, maju, kuat, dan berbasis kepentingan nasional.
  8. Mewujudkan Indonesia yang berperan penting dalam pergaulan dunia internasional.

Strategi untuk melaksanakan visi dan misi pembangunan nasional dijabarkan secara bertahap dalam priode lima tahunan atau RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) dengan skala prioritas dan strategi pembangunan yang merupakan kesinambungan dari skala prioritas dan strategi pembangunan pada periode-priode sebelumnya. Tahapan skala prioritas utama dan strategi RPJM, secara ringkas, adalah sebagai berikut.

  1. RPJM ke-l (2005-2009) diarahkan untuk menata kembali dan membangun Indonesia di segala bidang yang ditujukan untuk menciptakan Indonesra yang aman dan damat, yang adil dan demokratis, dan yang tingkat kesejahteraannya meningkat.
  2. RPJM ke-2 (2010-2014) ditujukan untuk Iebih memantapkan penataan kembali lndonesia di segala bidang dengan menekankan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia termasuk pengembangan kemampuan iptek serta penguatan daya saing
  3. RPJM ke-3 (2015-2019) ditujukan untuk lebih memantapkan pembangunan secara menyeluruh di berbagai bidang, yaitu dengan menekankan pencapaian daya saing kompetitif perekonomian berlandaskan keunggulan sumber daya alam, sumber daya manusia berkualitas, serta kemampuan IPTEK yang terus meningkat.
  4. RPJM ke-4 (2020-2025) ditujukan untuk mewujudkan masyarakat lndonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung oleh SDM berkualitas dan berdaya saing.