Ini Dia Tips Memilih Pekerjaan Untuk Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Pekerjaan

by -2,970 views
Ini Dia Tips Memilih Pekerjaan Untuk Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Pekerjaan

Salah satu dilema para fresh graduate adalah kesulitan mencari pekerjaan. Jadi untuk para lulusan baru harus mengerti bagaimana  tips memilih pekerjaan untuk fresh graduate dan tentunya sesuai dengan jurusan. Terkadang karena kurangnya pengalaman para fresh graduate ini melakukan kekeliruan dalam melamar kerja.

Lowongan sangat banyak namun kesempatan kerja untuk fresh graduate sangat kecil. Jadi dibutuhkan pemahaman dan trik khusus agar fresh graduate bisa cepat mendapat pekerjaan. Adapun tips dan trik mencari pekerjaan untuk fresh graduate bisa dilihat pada artikel berikut ini:

1. Pilih Sesuai Kemampuan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Sangat penting untuk fresh graduate tahu sejauh mana kemampuan yang dipunya karena dapat berpengaruh untuk menentukan jenis profesi yang cocok. Jadi untuk para fresh graduate bisa menerapkan tips ini.

2. Cermati Tiap Info Lowongan Kerja

Jika ingin melamar pekerjaan maka jangan terburu-buru untuk mengirim lamaran. Terlebih jika pada satu waktu tersedia banyak posisi dan lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Cermati terlebih dahulu dari mulai gaji, peraturan sampai cara kerja di perusahaan tersebut. Karena yang perlu dihindari adalah terjebak di pekerjaan yang kurang tepat.

3. Berorientasi Pada Pengalaman, Bukan Gaji

Tips memilih pekerjaan untuk fresh graduate selanjutnya adalah jangan pernah abaikan pengalaman. Dalam bekerja sudah pasti yang ingin didapatkan adalah gaji. Namun pengalaman bekerja di perusahaan bisa menjadi bekal untuk berkembang dan meraih posisi yang lebih tinggi di kemudian hari. Jadi fokuslah pada pengalaman dan pengetahuan yang didapat, bukan gaji.

4. Ikut Pelatihan Karir

Hal ini berkaitan dengan pelatihan karir yang spesifik pada keahlian tertentu. Usahakan juga untuk mengikuti pelatihan professional. Karena selain mendapat keuntungan berupa sertifikat, keahlian juga meningkat dan fresh graduate tidak perlu mencemaskan karir lagi. Selain itu ketika pelatihan, fresh graduate akan menemukan relasi yang suportif dan memotivasi.

5. Bangun CV, Portfolio dan Surat Lamaran Kerja

Kesalahan yang sering dilakukan para fresh graduate adalah kurang tepat dalam menyusun CV, portfolio dan surat lamaran kerja. Padahal beberapa poin tersebut sangat penting untuk membangun image yang baik di mata HRD. Membangun CV dan portfolio harus disesuaikan dengan pengalaman. Sedangkan surat lamaran harus disusun dengan kalimat sopan.

6. Tingkatkan Kemampuan Dasar

Selain meningkatkan keahlian, kemampuan dasar juga perlu ditingkatkan seperti keterampilan berbahasa asing, editing, komunikasi, bahasa asing, komputer dan sebagainya. Fresh graduate dapat meningkatkan kemampuan dasar dengan tergabung pada organisasi atau kursus. Jangan merasa terlambat untuk belajar dan bergabung di organisasi apapun.

Itu tadi 6 tips memilih pekerjaan untuk fresh graduate yang ingin segera mendapat pekerjaan. Jangan pernah ragu untuk belajar ilmu baru. Kegagalan berkali-kali dalam mencari kerja bukanlah sebuah kesalahan, namun bisa dijadikan pengalaman untuk mencoba yang lebih baik lagi.

No More Posts Available.

No more pages to load.