Ini Dia Cara-cara Ngungkapin Kemarahan Dengan Tepat

by -369 views
Ini Dia Cara-cara Ngungkapin Kemarahan Dengan Tepat
Sumber: inc.com

Siapa bilang kita nggak boleh marah? Tapi marah-marah juga ada syaratnya lho, selama kita marah ke orang di tempat dan waktu yang tepat, kata si Mario Te.. eh maksudnya Maria Tegar.

 

Kita selalu nganggep kalo kemarahan itu emosi yang negatif dan merugikan, di beberapa momen mungkin iya, tapi kemarahan juga punya sisi baik lho kalo cara nyalurin kemarahan kita diatur dengan baik. Tapi sebelum bahas soal channeling our anger, kita ngomongin soal cara ngeekspresiin kemarahan dulu yuk, biar nggak nyakitin orang dan nggak bikin kita nyesel di belakang.

Kalo lagi marah, kecewa dan kesel, kita suka kehilangan kendali, jadi ada baiknya ngelakuin beberapa hal ini!

 

1. MIKIR SEBELUM NGOMONG DAN BERTINDAK

Kalo lagi emosi biasanya pengen nyeplos aja, mulai dari kata-kata kasar sampe bisa menjalar ke aksi fisik kayak mukul, ngelemparin barang, dll. Jadi kalo lagi marah ada baiknya kita tarik nafas. Nah kalo marahnya pas posisi kita lagi berdiri, kita baiknya nyari tempat buat duduk dulu, kalo marahnya pas dalam posisi duduk, kita nyari tempat buat rebahan dan misal tips ini belum mempan.. ada baiknya kita cuci muka dan menyendiri.

 

2. KALO UDAH RADA TENANG, BARU DIEKSPRESIKAN

Lhooooo dari tadi nyari cara buat tenang, pas udah tenang malah disuruh ngungkapin kemarahan? Kalo udah tenang, emosi yang meluap tadi nggak terlalu bikin keruh pikiran. Makanya dalam keadaan yang udah rada santai, kita mikir cara yang tepat buat ngomong ke orang yang bikin kita kesel. Entah diajak ngomong empat mata, nulis surat, sms atau chat dengan  bahasa yang nggak bikin keadaan makin panas. Kita juga menghindari marah ke orang lain yang nggak salah apa-apa tapi kena marah juga gara-gara kita kalap aja.

 

3. OBJEK, TEMPAT DAN SAAT YANG TEPAT

Kalo kata Imam Ghazali, orang yang marah di tempat umum meski maksudnya baik bisa dibilang lagi ngehina kita. Iyalah, marahpun ada etikanya. Kita marah ke orang yang bersangkutan, di tempat yang nggak nimbulin fitnah dan gosip orang dan di saat yang tepat.

 

4. NYARI DISTRAKSI

Kalo udah nggak tahan pengen jambak-jambak orang, apalagi pas PMS trus diisengin kita bisa naik pitam juga ya kan? Nah ada baiknya kita nyibukin diri ngelakuin hal-hal yang nge-boost mood kita. Dengerin musik kek, nonton film komedi, donlotin meme, olahraga, intinya biar kita punya waktu buat sadar sebenernya yang salah siapa? Orang lain atau emang kita yang lagi moodnya buruk?

 

Dalam kajian Psikologi modern ngejelasin kalo kemarahan justru bisa jadi strong motivation buat ngeluarin best version of ourselves. Survey Spring.uk nyebutin kalo orang-orang yang pemarah bisa ngebuat itu motivasi biar kemarahan itu jadi aksi-aksi positif. Misal karena marah sama temen yang sering nge-bully, dia nulis artikel tentang bullying dan diterbitin di mading sekolah, kalo dia marah lihat orang buang sampah sembarangan, dia membentuk organisasi pecinta lingkungan.. dsb. So, anger isn’t that bad after all, huh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *