Informasi Simbol Diagram Alir

by -1,322 views
Simbol Diagram Alur

Dalam sebuah diagram itu ada satu hal yang harus Anda pahami dengan baik, yakni adalah soal simbol yang ada di dalamnya. Karena dari simbol itulah yang akan membuat Anda paham atau tidak paham dengan prosedur atau sistem yang berlaku pada organisasi atau perusahaan. Jadi sangat penting untuk mencari tahu informasinya dan juga mempelajari mengenai simbol tersebut.

Nah untuk informasi soal simbol yang ada pada diagram alir itu sendiri sudah bisa Anda dapatkan di beberapa tempat sekarang ini. Anda bisa dapatkan dengan mencari materinya, menggunakan mesin pencari seperti Google, dan masih ada banyak yang lainnya lagi. Dan berikut ini kami akan coba jelaskan dulu informasi soal simbol diagram alir agar supaya Anda itu bisa memahaminya dengan baik.

Apa Itu Diagram Alir?

Diagram alir itu adalah sebuah diagram yang berisikan garis dan balok yang berisikan berbagai proses dan juga langkah. Jadi isi dari diagram ini adalah penjelasan dan juga penggambaran mengenai satu proses ataupun sistem yang berlaku. Dan ini memang fungsinya untuk menjelaskan secara jelas dan singkat dan memberikan gambaran mengenai langkah dalam satu sistem.

Poin Penting Simbol Di Diagram Alir

Simbol pada sebuah diagram alir itu adalah hal yang sangat penting sekali, karena ini yang akan menggambarkan bagaimana prosesnya. Jadi memang benar kalau yang namanya simbol dari dalam diagram alir itu harus dipahami dengan benar, karena memang ini adalah kunci dari sebuah flowchart atau diagram alir. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa poin penting dari simbol ini.

  1. Poin yang paling pertama adalah soal pemahaman Anda ketika Anda membaca atau melihat satu flowchart di sekeliling Anda. Kalau Anda memahami simbol flowchart dengan baik, maka bisa dipastikan Anda akan bisa memahami flowchart tersebut dengan baik. Sebaliknya kalau Anda tidak memahaminya, tentu Anda akan bingung dan mungkin bisa salah paham.
  2. Poin yang kedua adalah soal pembuatan flowchart, orang yang membuat flowchart tentu saja harus benar-benar memahami simbol. Bila simbol salah, maka flowchart yang dibuat itu bisa jadi menyesatkan orang yang akan membaca flowchart tersebut. Selain itu bila kurang paham akan bisa membuat Anda kesulitan dalam membuat flowchart dari sistem yang kompleks.

Beberapa Simbol Di Diagram Alir

Perlu dipahami juga kalau sebenarnya ada cukup banyak sekali simbol yang ada di diagram alir, namun tidak semuanya selalu dipakai. Ada beberapa simbol yang hanya digunakan untuk beberapa sistem atau prosedur yang mungkin sedikit kompleks, jadi wajar kalau banyak yang tidak tahu. Dan pada kesempatan ini kami akan jelaskan beberapa simbol yang ada pada sebuah diagram alir.

  1. Simbol yang pertama itu adalah garis atau biasa disebut dengan flowline, ini adalah garis yang menunjukkan arus dari sistem. Jadi biasanya garisnya itu ada tanda panahnya yang akan menunjukkan arah dari flowchart tersebut dari awal sampai akhir. Ada juga tanda garis putus-putus yang biasanya dipakai untuk proses alternatif pada satu sistem.
  2. Simbol yang kedua itu adalah terminal, ini adalah simbol untuk memulai sebuah flowchart dan juga mengakhiri sebuah flowchart. Ini akan selalu ada di dalam sebuah flowchart, karena mulai dan berakhirnya akan mempergunakan simbol ini. Dan ada tulisan di dalam terminal itu yakni adalah mulai dan akhir atau selesai.
  3. Simbol yang ketiga itu adalah proses, ini menjadi simbol inti yang ada pada sebuah flowchart dan yang utama. Biasanya ada beberapa simbol proses ini, dan ini yang akan menunjukkan langkah dari sistem yang berlaku tersebut. Biasanya tulisan di dalamnya itu adalah langkah yang singkat namun tetap jelas.
  4. Ada juga simbol dokumen yang biasanya ada pada satu sistem ataupun proses untuk mengurus sesuatu. Dokumen yang harus masuk ke dalam proses ataupun yang keluar dari satu proses itu biasanya ada di dalam flowchart dan ada simbolnya.

Demikianlah beberapa informasi untuk menjelaskan mengenai simbol dari flowchart untuk Anda memahami flowchart itu sendiri.

No More Posts Available.

No more pages to load.