Fungsi-fungsi Manajemen

by -209 views
Fungsi-fungsi Manajemen
Sumber: businesszeal.com

Fungsi manajemen adalah konsep dasar yang terstruktur dan sistematis sebagai pedoman manajer dalam melaksanakan proses manajemen untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen meliputi sebagai berikut.

  • Perencanaan, yaitu proses penetapan langkah-langkah kegiatan dan sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Menurut target pencapaian, tujuan perencanaan dibedakan menjadi perencanaan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. Menurut tingkatan organisasi, perencanaan dibedakan menjadi perencanaan tingkat puncak, tingkat menengah, dan tingkat bawah. Sebuah perencanaan yang baik sekurang-kurangnya harus memenuhi hal-hal sebagai berikut, yaitu: disusun secara rasional, berkesinambungan, bersifat fleksibel dan memiliki nilai manfaat.
  • Pengorganisasian, yaitu proses pengaturan sumber daya dan pengelompokan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan. Bentuk organisasi terdiri atas organisasi garis, organisasi garis dan staf, dan organisasi Bentuk organisasi garis adalah bentuk organisasi di mana manajer mempunyai wewenang langsung dengan bawahannya.
  • Pemberian komondo, yaitu fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi pengarahan kepada bawahan agar melakukan pekerjaan.
  • Pengkoordinasian, yaitu proses menyelaraskan, menyatukan, dan menghubungkan berbagai kepentingan agar tujuan dicapai dengan baik.
  • Pengawasan, yaitu tindakan untuk mengendalikan agar proses untuk mencapai tujuan berjalan sesuai dengan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  • Pengadaan tenaga kerja, yaitu aktivitas yang berhubungan dengan rekrutmen, penyeleksian, penempatan, promosi, penggajian, kenaikan pangkat, penilaian pelaksanaan kerja, dan pensiun atau pemberhentian, sampai kemungkinan pengembangan organisasi.
  • Pemberian bimbingan, yaitu memberi petunjuk kepada pegawai tentang apa yang harus dikerjakan agar dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.
  • Pelaporan, yaitu penyampaian perkembangan organisasi berkaitan dengan tugas dan wewenang yang diberikan kepada setiap orang dalam organisasi secara lisan maupun tertutis kepada atasan.
  • Motivasi, yaitu pemberian inspirasi, semangat, dan dorongan kepada pegawai sehingga mereka merasa tidak diperintah dalam melakukan pekerjaan.
  • Penilaian, yaitu memberikan penilaian dalam berbagai kegiatan serta menilai sejauh mana usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Unsur-unsur manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan organisasi. Unsur-unsur tersebut meliputi manusia, uang, bahan baku, mesin, metode, dan pasar.

Prinsip manajemen menurut Henry Fayol adalah pedoman dalam menjalankan manajemen, yaitu pembagian kerja, otoritas dan tanggung jawab, disiplin, kesatuan komando, kesatuan pengarahan, mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan perorangan, balasan jasa, sentralisasi atau pemusatan, jenjang jabatan, tata-tertib, keadilan, stabilisasi masa jabatan, inisiatif atau prakarsa, dan semangat korps.