Freetts.com Nada Dering Whatsapp Gratis dan Mudah

by -1,698 views
Freetts.com Nada Dering Whatsapp Gratis dan Mudah

Mengganti nada dering HP memang selalu menarik agar tidak bosan dengan yang itu-itu saja. Jika sebelum android, nada dering atau ringtone hanya bisa digunakan untuk panggilan atau SMS saja. Namun kali ini kalian bisa menggunakannya di berbagai macam aplikasi android, salah satunya adalah WA. Untuk membuat dan menggunakan Freetts.com nada dering Whatsapp caranya sangat mudah, saya akan menunjukkan langkah detail nya pada artikel kali ini.

FreeTTS.com adalah salah satu situs yang berjenis speech to text, artinya, mereka akan membuat tulisan menjadi suara yang nantinya bisa kalian gunakan sebagai nada dering ucapan di WA. Dengan adanya situs ini, kalian bisa membuat ringtone sendiri dengan cara yang sangat gampang agar tidak bosan mendengar nada bawaan dari android. Gaya bahasanya pun bervariasi, jika kalian ingin gaya agak bule, kalian bisa menggunakan bahasa indonesia sebagai output nya nanti. Misalkan juga ingin terdengar mirip orang Arab, kalian bisa menggunakan bahasa arab pada pilihan bahasa nanti.

Google juga sudah lama menggunakan mesin speech to text pada salah satu fitur andalan mereka, yaitu google translate. Namun sayangnya google tidak menyediakan tools convert di dalamnya sehingga kalian tidak bisa membuat nada dering WA suara google. Maka dari itu kalian memerlukan situs lain seperti FreeTTS.com ini yang juga mengambil engine dari google dengan sedikit menambahkan fitur bahasa dan gaya, seperti adanya pilihan suara laki-laki atau perempuan.

Selain digunakan untuk nada dering, FreeTTS juga sudah banyak digunakan untuk mengisi narasi video. Jika kalian menonton video di youtube atau lainnya dengan narasi yang sama seperti yang ada di google translate, kemungkinan mereka menggunakan FreeTTS ini untuk convert text menjadi suara. Output dari convert ini nantinya berupa format MP3, jadi bisa dikatakan ringan ya!

Cara Membuat Nada Dering WA dengan FreeTTS.com

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang situs lain, yaitu Soundoftext, pada dasarnya untuk Freetts.com nada dering Whatsapp ini juga sama prinsip dan cara kerjanya. FreeTTS lebih menarik karena ada fitur pilihan suara laki-laki atau perempuan.

  1. Buka situs resminya yaitu FreeTTS.com.
  2. Masukkan text yang ingin kalian convert menjadi MP3, bisa berupa kalimat atau kata pendek saja. Yang jelas kalian mempunyai limit 5000 karakter.
  3. Pada kolom “Languages”, pilih gaya bahasa yang kalian inginkan, bisa inggris, indonesia atau yang lain.
  4. Bagian “Voices” adalah pilihan suara laki-laki atau perempuan. Beberapa bahasa juga mendukung jenis suara yang berbeda.
  5. Setelah itu pada bagian kanan, klik tombol “convert to MP3” untuk mendapatkan hasil output text kalian menjadi MP3. Tunggu beberapa saat hingga selesai proses convert.
  6. Setelah selesai, kalian lihat deretan kolom “convert to MP3” tadi, ada “download MP3” dan juga tombol play. Kalian coba dulu apakah sesuai dengan keinginan dengan klik tombol play tersebut. Jika masih belum, pilih lagi sesuai keinginan dengan mengulangi langkah mulai dari nomor 4.
  7. Jika sudah sesuai keinginan, kalian klik tombol “download MP3” atau bisa juga dengan klik tiga titik vertikal di sebelah simbol suara, kemudian klik download.
  8. Setelah kalian download di memori android, kalian bisa menggunakannya untuk mengganti nada dering Whatsapp, bisa untuk panggilan atau grup juga lho!

Sebenarnya ada juga kekurangan Freetts.com nada dering Whatsapp ini, yaitu nada yang digunakan selalu datar. Namun tidak ada salahnya juga untuk melengkapi koleksi ringtone yang ada bukan!

Sumber : 

https://www.hanson.co.id/whatsapp-plus/https://www.hanson.co.id/gb-whatsapp/https://www.hanson.co.id/whatsapp-mod/

https://www.hanson.co.id/whatsapp-plus/https://www.hanson.co.id/gb-whatsapp/https://www.hanson.co.id/whatsapp-mod/

https://www.hanson.co.id/whatsapp-plus/https://www.hanson.co.id/gb-whatsapp/https://www.hanson.co.id/whatsapp-mod/