1. OTONOMI
  2. RAGAM

FOTO: Mengintip Kehidupan Suku Anak Dalam di Jambi

Tradisi Suku Anak Dalam (SAD) di Jambi kehidupannya terikat kuat dengan adat istiadat dan ketergantungan pada hasil hutan dan binatang buruan.

Reporter : Dwi Narwoko | Jum'at, 06 Januari 2017 08:27

Suku Kubu atau juga dikenal dengan Suku Anak Dalam atau Orang Rimba adalah salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatera, tepatnya di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Mereka mayoritas hidup di Provinsi Jambi dengan perkiraan jumlah populasi sekitar 200.000 orang.

Tradisi kehidupan Suku Anak Dalam (SAD) di Jambi terikat kuat dengan adat istiadat dan ketergantungan pada hasil hutan dan binatang buruan. Mereka dikategorikan sebagai salah satu Komunitas Adat Terpencil (KAT) karena hidupnya di dalam hutan.

Cerita asal usul Suku Anak Dalam dimulai sejak tahun 1624 ketika Kesultanan Palembang dan Kerajaan Jambi, yang sebenarnya masih satu rumpun, terus menerus bersitegang hingga pertempuran di Air Hitam pada tahun 1929 pecah.

Berikut galeri foto kehidupan Suku Anak Dalam.

1/5

Perembuan dan anaknya Suku Anak Dalamn sedang berteduh di dalam hutan di Kabupaten Sarolangun, Jambi. (foto: http://mengenaljambi.blogspot.co.id)

Hak Cipta: © 2017 http://mengenaljambi.blogspot.co.id
  1. Provinsi Jambi
  2. Jambi
  3. Kabupaten Sarolangun
KOMENTAR ANDA