1. OTONOMI
  2. RAGAM

FOTO: Candi Muaro Jambi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Setiap bulan Juni, pengelola candi ini menggelar festival.

Editor : Dwi Narwoko | Minggu, 01 Januari 2017 08:30

Kerajaan-kerajaan kuno yang pernah berdiri di Indonesia meninggalkan candi-candi, terutama di Pulau Jawa dan Sumatera. Dan, candi-candi itu kini menjadi objek wisata andalan daerah tersebut.

Salah satu candi yang ada di Sumatera adalah Candi Muaro yang berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Candi agama Hindu-Buddha ini berada sekitar 2 kilometer sebelah Timur Laut Kota Jambi.

Setiap bulan Juni, pengelola kawasan wisata ini selalu mengadakan Festival Candi Muaro Jambi. Acara ini mempertunjukkan beberapa kesenian daerah dan berlangsung selama 4 hari 4 malam.

Selain pertunjukan daerah, pengelola juga kadang membuat pasar malam untuk menarik wisatawan. Dikutip dari Indonesiakaya.com, candi ini sebetulnya terdiri dari beberapa bagian. Antara lain: Kedaton (di barat), Gedong, Gumpung, Candi Tinggi, Kolam Telaga, Candi Kembar Batu, Candi Astana, Candi Sialang, Candi Teluk, Candi Kota Mahligai, dan Candi Bukit Sengalo.

Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-11 Masehi dan merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Lihat galerinya di bawah ini:

 

1/5

Candi Muaro Jambi merupakan kompleks percandian Hindu-Buddha terluas di Indonesia. Luas situs ini sekitar 12 km persegi (foto: https://imanuelsuluh.wordpress.com)

Hak Cipta: © 2016 https://imanuelsuluh.wordpress.com
  1. Jambi
KOMENTAR ANDA