1. OTONOMI
  2. ORBIT

FOTO: Saksi Bisu Lahirnya Boedi Oetomo

Pada 20 Mei 1974, Presiden Soeharto meresmikan penggunaan Gedung eks-STOVIA tersebut sebagai Gedung Kebangkitan Nasional

Editor : Dwi Narwoko | Sabtu, 20 Mei 2017 08:08

Setiap tahun, bangsa Indonesia memperingati 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Di tanggal itu tahun 1908, lahirlah organisasi Boedi Oetomo di kampus School Tot Opleiding Van Indlandsche Arsten (STOVIA).

Diketuai R Soetoemo, organisasi ini merupakan awal gerakan pemuda yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Awalnya, gerakan organisasi ini bersifat sosial dan tidak menyentuh ranah politik. 

Nah, gedung yang dulu menjadi kampus STOVIA itu kini menjadi Museum Kebangkitan Nasional. Terletak di Jalan Abdulrahman Saleh No. 26 Jakarta Pusat, gedung ini memang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Museum Kebangkitan Nasional menempati sebuah kompleks bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1899 dan selesai tahun 1901. Sekolah kedokteran bumiputera (STOVIA) itu kemudian resmi dibuka tahun 1902. 

Di era penjajahan Jepang (1942-1945), gedung ini tak lagi dijadikan tempat pendidikan calon-calon dokter. Pemerintah Jepang memakai gedung ini sebagai tempat untuk menawan tahanan perang tentara-tentara Belanda, demikian dikutip dari asosiasimuseumindonesia.org.

Pada 20 Mei 1974, Presiden Soeharto meresmikan penggunaan Gedung eks-STOVIA tersebut sebagai Gedung Kebangkitan Nasional.

Semula, ada beberapa museum di kompleks ini, yaitu Museum Kesehatan, Museum Pers, Museum Wanita, dan Museum Boedi Oetomo. Namun, pada 7 Februari 1984 semua dilebur dengan satu nama, yakni Museum Kebangkitan Nasional.

Jadi, jangan heran jika Anda bisa menemukan peralatan dan informasi seputar kedokteran di museum tersebut. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat sejarah rempah-rempah yang ada di Indonesia loh.

Yuk, menjelajah dan belajar sejarah di Museum Kebangkitan Nasional. Berikut galerinya:

1/8

Sejarah perkembangan ilmu kedokteran di Museum Kebangkitan Nasional di Jakarta.

Hak Cipta: © 2017 otonomi.co.id
  1. DKI Jakarta
  2. Foto
  3. Wisata Sejarah
KOMENTAR ANDA