Cara Perawatan Mesin Solder Uap Agar Awet Bertahun-tahun

by -2,522 views
Mesin Solder Uap

Kebanyakan orang mereparasi solder uap dengan membawanya ke tukang service. Jika kebelutan kamu memiliki alat ini, dan rusak maka sayang apabila tidak segera diperbaiki.

Blower hot sendiri adalah alat yang sangat berguna. Blower hot adalah alat yang penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti memperbaiki pipa air, pagar rumah atau memasang atap kanopi.

Pemiliknya tidak hanya tukang las saja, agar kondisinya tetap bagus, kamu perlu merawatnya supaya awet lebih lama. Perawatan solder tidak hanya melihat atau cek kondisi fisiknya.

Tetapi bisa juga dengan memilih dimana alat harus diletakkan. Kondisi yang lembab, jarang terkena udara segar bisa saja menyebabkan blower mengalami korosi atau berkarat.

Langkah Merawat Solder Uap dengan Benar

Alat ini terdiri dari beberapa komponen utama. Yaitu ada mesin pengatur panas/tekanan, power supplai, kepala solder beserta tatakan, dan colokan kabel.

Kerusakan dapat terjadi pada beberapa part seperti ujung blower tidak bisa menghantarkan panas. Kabel putus dapat terjadi tiba-tiba, bisa karena terkena gigitan tikus atau masa pakai yang sudah lama.

Untuk memperbaiki komponen ini, kamu hanya perlu mengganti dengan baru. Agar lebih mudah, ikuti beberapa tahap merawat solder secara mudah.

1. Pembersihan komponen secara berkala

Mesin solder memiliki komponen bernama PCB yang harus rutin dibersihkan dari debu, minyak atau kotoran. Gunakan cairan pembersih tiner atau IPA, oles pada kain lembut bisa juga memakai kuas. Bersihkan secara perlahan jangan sampai merusak part didalamnya.

2. Mengatur tombol power

Kamu bisa masukkan steker pada colokan, setelahnya tekan power sampai ke posisi On. Atur suhu beserta tekanan uap solder sesuai keinginan dan jangan mencabut paksa stopkontak jika mesin masih aktif dan kurangi panas sebelum mematikan alat ini.

 

Tips Menggunakan Mata Blower dengan Benar

Ketika akan menggunakan kepala solder uap, kamu harus memposisikan secara tegak lurus. Gunanya agar panas tidak mengenai komponen IC atau papan PCB lainnya.

Perlu berhati-hati jika memakai mata blower. Jika ada kotoran menempel bersihkan kemudian simpan setelah dingin.

1. Atur gerakan head power

Kepala blower bisa kamu atur secara manual atau beraturan dengan tingkat kepanasan mulai dari medium. Pastikan tidak diam atau fokus di salah satu IC saja agar perangkat tidak cepat rusak, jangan letakkan gagang solder pada lokasi yang terdapat genangan air.

2. Jauhkan dari air

Bersihkan kembali sebelum, selama atau setelah digunakan. Agar tidak rusak atau mengakibatkan kosleting listrik, bersihkan area sekitarmu agar alat tetap kering dan bebas dari percikan air, biarkan solder dingin dengan sendiri setelah mesin OFF.

 

Mengganti dan Memasang Elemen Solder

Solder yang sering digunakan bahkan memiliki usia lebih dari 5 tahun, maka kita perlu mengecek kondisi mesin. Cara tersebut untuk mengetahui apakah ada kabel usang, pengatur thermometer, baut, atau mata blower masih bisa berfungsi dengan baik.

Jika ternyata alat sudah tidak berfungi, lakukan beberapa tahapan. Pertama membuka baut yang terdapat di gagang solder. Lepas kabel penghubung mata blower dengan cara menariknya perlahan.

Masukkan komponen baru ke ujung kabel, kencangkan kembali mata solder dengan membaut ulang. Tutup lagi penghubung kabel menggunakan isolasi khusus yang tahan terhadap hantaran listrik.

Atur posisinya supaya tidak berdekatan. Dan terakhir, pasang baut menggunakan obeng untuk menyatukan gagang dengan mata blower. Merawat alat blower hot harus dilakukan dengan rutin untuk mempertahankan kualitas dan fungsinya.

Jika masa pakainya sudah lama, atau sering terjadi kondisi tidak wajar kamu dapat mengganti komponen yang baru. Solder uap bisa bertahan sampai bertahun-tahun tanpa rusak kembali.