Aplikasi Kasir Paling Cocok Untuk UMKM di Android

by -2,194 views
Aplikasi Kasir Paling Cocok Untuk UMKM di Android

Para pelaku UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah biasanya tidak kepikiran untuk menggunakan aplikasi kasir. Karena merasa tidak terlalu membutuhkannya dengan skala bisnis yang masih kecil. Alasan lain adalah karena mahalnya perangkat dan peralatan untuk posisi kasir tersebut. Hal itu membuat para pelaku kasir kesulitan untuk meluangkan modal.

Padahal sudah banyak aplikasi kasir UMKM yang bisa didownload secara gratis oleh pelaku UMKM. Sekarang para pelaku UMKM hanya memerlukan HP Android saja untuk memulai sistem kasirnya sendiri. Berikut ini adalah 5 aplikasi mesin kasir yang paling cocok untuk UMKM dan bisa dipasang di HP Android:

1. Catat Semua Transaksi dengan Kasir & Catatan Penjualan

Aplikasi pertama dalam daftar ini adalah aplikasi Kasir & Catatan Penjualan. Alasan mengapa aplikasi satu ini sangat direkomendasi untuk digunakan para pelaku UMKM adalah karena kelengkapan fiturnya. Aplikasi Kasir & Catatan Penjualan tidak hanya dilengkapi dengan sistem kasir yang bisa digunakan untuk melayani transaksi pelanggan.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan catatan penjualan yang diintegrasikan secara langsung dengan sistem kasirnya. Karena itu aplikasi ini bisa membuat kegiatan pencatatan penjualan jadi semakin cepat dan praktis.

2. Aplikasi Program Kasir

Mungkin masih banyak pelaku UMKM yang masih awam dengan penggunaan aplikasi kasir sebab tidak terlalu familiar dengan teknologi. Namun, tenang saja karena ada aplikasi Program Kasir, aplikasi ini memang didesain untuk digunakan oleh orang-orang yang masih awam dengan penggunaan aplikasi. Keunggulan dari aplikasi satu ini adalah kemudahan operasi dan penggunaannya.

Semua ini didukung dengan tampilan yang sederhana dan fitur yang ringkas dengan step penggunaan yang dipersingkat. Walaupun begitu dari segi fitur Program Kasir tidak kalah lengkap dengan aplikasi-aplikasi sejenisnya.

3. Khusus Usaha Laundry, Aplikasi Kasir Laundry

Sesuai dengan nama aplikasinya aplikasi satu ini memang didesain dan dikhususkan untuk pelaku UMKM di bidang laundry. Aplikasi ini punya sistem yang berbasis online dan menggunakan sistem penyimpanan cloud. Jadi jika pelaku UMKM sudah punya pegawai dan meninggalkan usahanya untuk beberapa waktu.

Pengusaha UMKM tetap bisa mengawasi aktivitas dan transaksi keuangan laundry melalui aplikasi kasir laundry ini. Selain itu ada fitur pembukuan yang sangat lengkap yang disesuaikan dengan aktivitas usaha laundry. Laporan keuangan juga tersedia baik secara harian, mingguan sampai bulanan, loh.

4. Khusus Pengusaha Kuliner Dengan Aplikasi Restoku

Bidang kuliner adalah bidang yang paling banyak diminati oleh pelaku UMKM. Banyak usaha UMKM yang berfokus pada bidang kuliner. Karena itu usaha seperti ini membutuhkan aplikasi yang spesifik yang bisa memenuhi kebutuhan usahanya. Aplikasi Restoku datang untuk menjawab kebutuhan tersebut. Karena berbeda dengan aplikasi mesin kasir lainnya, aplikasi Restoku dikhususkan untuk para pengusaha kuliner terutama di level UMKM.

5. Bisa Offline dengan Kasir POS

Ingin menggunakan aplikasi mesin kasir tapi tidak bisa karena tidak ada paket data atau takut boros paket data?. Jangan khawatir karena aplikasi Kasir POS bisa dijalankan dalam keadaan offline bahkan dalam keadaan mode pesawat sekalipun. Itulah yang menjadi daya tarik terbesar dari aplikasi mesin kasir ini.

Sebab, bisa digunakan tanpa data bahkan setiap transaksinya tidak ada iklan yang akan mengganggu. Selain itu aplikasi Kasir POS juga cukup sesuai untuk digunakan dalam berbagai bidang mulai dari kuliner, fashion, sampai penyediaan jasa.

Itulah 5 aplikasi kasir cocok untuk UMKM yang bisa digunakan di HP android. Ternyata pelaku usaha UMKM pun bisa punya sistem kasirnya sendiri dengan bantuan aplikasi-aplikasi di atas. Aplikasi-aplikasi di atas bisa didapatkan secara gratis melalui https://avandaalvin.com atau mungkin Play Store.