Alat Bantu Dengar Digital, Solusi Terbaik untuk Gangguan Pendengaran

by -472 views
Alat Bantu Dengar Digital, Solusi Terbaik untuk Gangguan Pendengaran

Telinga menjadi alat indra penting dalam tubuh manusia. Keberadaan telinga sebagai alat penangkap gelombang bunyi di lingkungan yang kemudian akan diterjemahkan menjadi suara. Namun, beberapa orang mengalami gangguan pada telinga. Sehingga telinga tidak berfungsi seperti sediakala. Berikut alat bantu dengar digital dan cara pemilihan yang tepat:  

Alat Bantu Pendengaran

Saat mengalami permasalahan pendengaran, baik karena faktor usia atau penyakit tentu akan sangat berdampak pada kehidupan. Namun tidak perlu khawatir, pasalnya hal tersebut bisa diatasi dengan adanya alat bantu dengar digital. Berikut tipe alat bantu pendengaran dan ulasannya:

1. Tipe In The Ear atau ITE

Merupakan tipe alat bantu pendengaran pertama yang akan dibahas, dimana alat ini digunakan dengan cara memasukkan pada lubang telinga. Alat ini penggunaanya pada liang telinga jadi kemungkinan orang lain tidak akan begitu bisa melihatnya. 

Jadi, tipe ini lebih cocok untuk yang berkacamata. Serta tidak ingin orang lain mengetahui sedang menggunakan alat bantu pendengaran. Selain itu pengguna juga akan lebih nyaman pasalnya suara yang diterima akan lebih dekat. Dan ukuran tipe ini kecil jadi lebih cocok untuk digunakan pada anak-anak juga.

2. Tipe Pocket Saku

Alat bantu dengar digital dengan tipe ini akan jauh lebih mudah untuk mengontrol volume ataupun tombol lain. Jika diperhatikan sekilas ini mirip dengan walkman jadi lebih cocok untuk yang tidak ingin terlihat sedang menggunakan alat bantu.

Walaupun lebih ribet untuk digunakan namun untuk proses perawatan alat bantu pendengaran ini jauh lebih mudah. Pasalnya baterai AA akan mudah didapatkan di banyak tempat. Sayangnya untuk kabelnya yang menjulur ke dada bisa membuat sedikit repot untuk mengaturnya.

3. Tipe BTE atau Behind The Ear

Tipe selanjutnya BTE yang cara penggunaannya diletakkan pada belakang telinga. Selain itu bagian utama dari alat bantu pendengaran digital ini telah menggunakan baterai dan mikrofon. Komponen tersebut tentu akan membantu agar tidak terjadi suara feedback.  Tidak hanya itu penggunaan alat bantu ini juga terdapat fitur tambahan yang mana bisa mengontrol volume dan sebagainya. 

Tips Memilih Alat Bantu Pendengaran

Tentunya seperti memilih pakaian, maka pengguna harus memahami karakter dari tubuh sehingga akan mendapatkan pakaian yang pas dan sesuai. Seperti halnya dalam memilih alat bantu dengar juga tidak bisa asal-asalan. Pasalnya pengguna harus mempertimbangkan beberapa hal.

Pertama tentunya mengenali tipe alat bantu pendengaran. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, misalnya untuk pengguna yang tidak terlalu sering bergantung pada hear aid bisa menggunakan tipe pocket. Karena lebih mudah untuk dilepas pasang. Kemudian untuk anak-anak atau pengguna kacamata bisa menggunakan yang tipe ITE karena alat dipasang dalam liang telinga. 

Sedangkan bagi yang ingin banyak desain pilihan bisa menggunakan tipe BTE. Selanjutnya sesuaikan dengan tingkat gangguan yang diderita. Pasalnya alat-alat tersebut lebih disarankan untuk penderita gangguan saraf. Tentunya dengan disesuaikan kerusakannya juga. 

Tidak hanya itu pastikan juga tipe hearing aid cocok dan sesuai dengan tingkat gangguan sehingga pengguna akan lebih nyaman saat menggunakannya. Selanjutnya yang terakhir disesuaikan dengan budget yang ada. 

Demikian itu beberapa alat bantu dengar digital yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi gangguan pada telinga.  Tidak hanya itu, pembaca juga harus paham bagaimana cara memilih alat bantu pendengaran yang tepat. Dan untuk mengetahui informasi lengkap khususnya mengenai alat pendengaran dapat dicek di Aqm-hearingcenter.com