AC Single Split vs Multi Split, Pilih Mana? Simak Ulasannya

by -1,347 views
AC Single Split vs Multi Split, Pilih Mana? Simak Ulasannya

Saat cuaca sedang begitu panas, di situlah baru terasa betapa pentingnya memiliki AC di rumah. Pendingin yang bagus tidak hanya mendinginkan satu ruangan saja. Namun, juga dapat mendinginkan suhu di seluruh rumah.

Selain bisa menghilangkan panas dan gerah, AC juga punya beberapa manfaat bagi kesehatan kita. Menurut Dr. Allert Benedicto, AC juga mampu mengurangi resiko gangguan pernapasan.

“Terutama bagi Anda yang tinggal di lingkungan yang tingkat polusinya tinggi dan berdebu. Karena AC dilengkapi penyaring udara guna menangkal masuknya polusi udara ke dalam rumah atau ruangan. Pastikan AC harus selalu rutin dibersihkan,” ujarnya.

Untuk soal jenis pilihan AC, mana sebaiknya yang Anda pilih? AC single split atau AC Multi Split ? Simak ulasannya berikut ini.

AC Single Split

Ada banyak jenis AC tersedia. Mulai AC central, inverter, hingga AC Cassette  atau bahkan Single Split. Nah, dengan sistem split atau single split lebih pas dimanfaatkan untuk mendinginkan ruangan-ruangan yang ada di rumah Anda secara terpisah. AC single split bisa Anda gunakan untuk ruangan atau kamar yang ukurannya kecil atau tidak terlalu besar. Misalnya, aula.

Secara sederhana, AC dengan sistem single split dirancang untuk setiap area di rumah Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin hanya ingin memasang AC di kamar tidur, atau ruang tamu tempat Anda bersama keluarga berkumpul.

Pada sistem split, kompresor akan ditempatkan di luar rumah Anda. Sementara, unit AC yang mengalirkan udara ke ruangan di rumah dipasang di dinding dalam. Namun, ada juga unit AC yang modelnya berdiri di lantai. Demikianlah cara kerja unit AC single split.

Ada dua kelebihan utama menggunakan AC dengan sistem single split. Yakni sistem single split lebih hemat ketimbang jenis sistem pendingin udara lainnya. Pasalnya, Anda hanya membeli dan memasang satu unit pada satu waktu. Anda pun menggunakan energi lebih sedikit ketimbang sistem lainnya.

Kemudian, sistem split memudahkan Anda untuk memilih ruangan yang ingin Anda pasangi AC untuk pendingin. Alasannya karena sistem AC single split memang ditujukan untuk ruangan-ruangan di dalam rumah.

AC Multi Split

Berikutnya, adalah AC multi split dengan sistem paling ideal untuk pemanasan dan pendinginan hingga maksimal 5 kamar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk rumah dengan ruang terbatas untuk pendingin udara. Kemudian, AC ini juga cocok digunakan jika Anda ingin mengontrol suhu kamar secara individual.

Dalam setiap keluarga tentu  ada yang lebih suka udara sedingin es, dan ada yang menyukai suhu ruangan sedang agar nyaman. AC multi split memungkinkan Anda untuk mengoperasikan beberapa AC dengan satu kompresor luar saja.

Sehingga, Anda bisa mengontrol suhu di masing-masing ruangan kamar. Anda juga dapat memilih kamar mana dan jenis unit indoor apa yang cocok untuk tiap ruangan. Maka, ada lebih banyak pilihannya untuk Anda.

Pada dasarnya, ada tiga manfaat utama dari AC multi split. Yang pertama, sebagai solusi udara yang nyaman dan ekonomis. Pasalnya, AC multi split mampu menciptakan kenyamanan maksimal dengan biaya minimum. Sebab, Anda bisa mendinginkan kamar sesuai dengan kebutuhan.

Berikutnya adalah hanya dengan satu unit outdoor, Anda bisa memilih hingga 5 jenis unit indoor AC yang sesuai dengan interior kamar. Pilih AC mulai dari yang terpasang di dinding, hingga yang modelnya berdiri di lantai.

Lalu, adanya kontrol terpisah untuk masing-masing AC memungkinkan Anda menyesuaikan dan mengendalikan suhu di tiap kamar. Sehingga, bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing penghuni kamar.

No More Posts Available.

No more pages to load.