8 Perilaku Nyebelin Para Pengendara Motor Di Jalanan

by -2,580 views
8 Perilaku Nyebelin Para Pengendara Motor Di Jalanan

Buat kita yang biasa jalan kaki atau ngendarain kendaraan, pasti sering banget nemuin hal yang nggak enak di jalan. Biasanya hal yang nggak enak kayak gitu dilakuin sama pejalan kaki atau pengendara lainnya. Dari hal yang negatif sampe positif pasti sering kita temuin. Kayak nyebrang sembarangan atau parkir sembarangan

 

1. NGEROKOK DI JALAN SAMBIL NYETIR

Biasanya hal kayak gini sering banget nih kita temuin di jalan. Nggak cuma pejalan kaki yang ngerokok, tapi banyak juga pengendara motor atau mobil yang merokok saat berkendara. Hal kayak gini sebenernya ngerugiin orang banyak. Dari mulai asapnya yang mencemari udara sampe abu rokoknya yang berterbangan bisa melukai pejalan kaki atau pengendara lainnya.

 

2. BUANG SAMPAH SEMBARANGAN DARI DALAM MOBIL

Buang sampah sembarangan jadi salah satu hal yang masih sering dilakuin sama pengguna jalan. Padahal hal kayak gini nggak cuma ngerugiin pengguna jalan lainnya tapi juga warga sekitar. Karena sampah yang dibuang sembarangan biasanya bisa jadi penyumbat selokan dan akhirnya nyebabin banjir. Jadi daripada bikin banjir, lebih baik kita  simpan sampah sampe nemuin tempat sampah dan buang di sana. Atau bisa juga dengan nyediain tempat sampah kecil buat di dalam mobil jadi lebih praktis dan mobil tetep keliatan bersih deh.

 

3. NGEGUNAIN HP SAMBIL NYETIR

Ada nggak yang sering ngelakuin hal ini? Kalo iya, lebih baik jangan dilakuin lagi guys. Selain bisa ngebahayain kita, mainin hp sambil nyetir juga bisa ngebahayain orang lain, sama halnya ya kayak kita dengerin lagu pake earphone pas berkendara. Emang belum ada undang-undang yang ngatur soal pelanggaran ini, tapi pengendara yang ngegunain HP saat berkendara bisa kena pasal 106 ayat 1  tentang pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi dan sanksinya pelanggarannya juga ada yaitu denda maksimal Rp 750 ribu dan kurungan 3 bulan lho!

 

4. PENGENDARA YANG LAWAN ARUS

Emang sih cepet sampe rumah adalah hal yang paling kita idam-idamkan, apalagi kalo udah capek seharian di luar. Karena pengen cepet sampe ke rumah, banyak nih dari pengendara motor yang sengaja lawan arus buat menghindari macet. Padahal ngelawan arus itu berbahaya banget. Hal kayak gini bisa nyebapin kecelakaan dan ngerugiin  pengendara lainnya.

 

5. PENGENDARA MOBIL/MOTOR YANG NGGAK MAU NGALAH

Udah jalan kaki, mau nyebrang di zebra cross masih aja susah. Hayo siapa dari kita yang pernah ngeluh kaya gitu? Buat pejalan kaki ini hal yang paling bikin kesel karna satu-satunya tempat yang paling aman buat mereka nyebrang malah dijadiin tempat berhenti pas lampu merah, duh!

 

6. ANGKOT YANG BERHENTI LAMA ALIAS ‘NGETEM’

Walaupun udah mulai banyak yang pake transportasi online, tapi angkot masih jadi alat transportasi umum yang sering dipake lho. Kita yang suka naik angkot, pernah kan diem di dalem angkot, kepanasan dan angkotnya malah nggak jalan alias ngetem. Selain bikin kita jadi nunggu, angkot yang ngetem juga bikin macet. Setuju nggak?

 

7. MAININ KLAKSON KARENA NGGAK SABAR

Bete nggak sih kalo ada orang yang terus-terusan mainin klakson? Nggak cuma bikin berisik, pengendara kaya gini juga bikin pengguna jalan lainnya keganggu. Kalo emang ketemu yang kayak gini, lebih baik kita diemin aja dan kasih mereka jalan buat jalan duluan, daripada makin emosi kan? Hehehe

 

8. PENGENDARA MOTOR YANG JALAN DI TROTOAR

Nggak jauh beda sama pengendara yang ngelawan arus, pengendara motor yang jalan di trotoar juga punya alasan yang sama yaitu sama-sama ngehindar dari macet. Dan lagi-lagi ya korbannya kita yang jalan kaki. Tempat kita buat jalan jadi terbatas karena pengendara motor yang bandel.