8 Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina Dengan Mudah

by -359 views
8 Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina Dengan Mudah
Sumber: aspca.org

Bagi pecinta kucing yang sudah lama memelihara kucing, pasti sudah paham bagaimana cara membedakan kucing jantan dan betina yang benar. Namun, untuk orang-orang awam dan baru ingin memelihara kucing, hal itu masih membingungkan. Secara keseluruhan yang terlihat dari luar, kucing memiliki bentuk yang sama. Untuk itu, inilah beberapa perbedaannya:

1. Perhatikan Bentuk Kepala

Ketika melihat seekor kucing, fokus utama seseorang biasanya tertuju pada wajah kucing. Maka dari itu, untuk bisa tahu bagaimana cara membedakan kucing jantan dan betina, dapat dilihat dari bentuk kepala setiap kucing. Kucing jantan biasanya memiliki bentuk kepala yang lebih besar, sedangkan betina memiliki bentuk kepala lebih kecil daripada jantan.

2. Lihat Postur Tubuh

Selain fokus utama seseorang saat melihat kucing tertuju pada wajahnya. Biasanya orang-orang juga akan fokus terhadap postur tubuh kucing yang kerap kali menggemaskan. Meski postur tubuh kucing terkadang terlihat sama, tetapi tetap ada perbedaan. Kucing jantan memiliki postur tubuh besar, kekar, dan tinggi dengan tubuh yang lebih panjang. Begitupun sebaliknya.

3. Periksa Alat Kelamin

Untuk dapat membedakan antara kucing jantan dan betina, dapat dilihat dari alat kelaminya. Untuk mengecek alat kelamin, tidak bisa dilakukan pada kucing yang baru lahir. Maka, mengecek alat kelamin bisa dilihat pada kucing dengan minimal usia 2 bulan. Kucing betina memiliki vulva pada alat kelaminnya, sedangkan sang jantan memiliki penis.

4. Lihat Warna Bulu Kucing

Saat ingin membedakan antara kucing jantan dan betina, dapat dilihat dari warna bulu pada bulu kucing. Memperhatikan warna pada bulu kucing merupakan salah satu cara membedakan kucing jantan dan betina paling mudah. Kucing jantan biasanya hanya memiliki 1 warna pada bulunya. Sementara kucing betina, biasanya memiliki 3 macam warna di bulunya.

5. Cek Bagian Anus dan Sekitar Anus

Selain alat kelamin, anus dan sekitar anus yang terletak di pangkal ekor juga dijadikan cara untuk membedakan kucing jantan dan betina. Kucing betina memiliki anus yang lebih rata, sedangkan kucing jantan lebih menonjol. Untuk bagian sekitar anus, kucing betina tidak mempunyai lingkaran kecil, sedangkan jantan mempunyai lubang lingkaran kecil disekitar anus.

6. Perhatikan Perilaku dan Karakter

Jika sebelumnya membedakan kucing dilihat dari ciri fisiknya, kali ini agak sedikit berbeda. Selain ciri fisik kucing, memperhatikan perilaku dan karakter kucing bisa dijadikan cara membedakan kucing jantan dan betina. Kucing jantan memiliki perilaku agresif dan suka menandai tempat yang ditempati, sedangkan betina lebih kalem dan tak suka menandai tempat.

7. Ajak Berinteraksi

Untuk dapat mengetahui perbedaan kucing jantan dan betina, coba untuk mengajak kucing berinteraksi. Antara kucing jantan dan kucing betina biasanya akan memiliki respon yang berbeda ketika diajak berinteraksi oleh manusia. Kucing jantan cenderung lebih sering merespon interaksi dari manusia, sedangkan kucing betina lebih sering diam karena karakternya yang lemah lembut.

8. Perhatikan Pergaulannya

Tak hanya manusia, kucing juga memiliki pergaulan. Memperhatikan pergaulan kucing untuk dijadikan cara membedakan kucing jantan dan betina ini harus dilakukan secara teliti. Kucing jantan cenderung hanya memiliki sahabat dekat dan tak memiliki banyak teman, hobinya juga jalan-jalan sendiri. Sementara betina, lebih banyak memiliki teman dan beberapa kali kerap berkumpul.

Demikian ulasan mengenai 8 cara membedakan kucing jantan dan betina dengan mudah. Meskipun dari luar bentuk fisiknya terlihat sama, tetapi ada beberapa hal yang dapat membedakan kucing jantan dan betina. Semoga ulasan mengenai cara membedakan kucing ini bisa menjadi referensi.