7 Tips Buat Naikkin Jumlah Viewer Youtube Channel Kita

by -2,413 views
7 Tips Buat Naikkin Jumlah Viewer Youtube Channel Kita

Kita baru aja bikin channel Youtube tapi terus bingung harus diapain? Atau sebenernya udah lama punya tapi kok yang nonton segitu-segitu aja? Well, viewers dan subscriber nggak dateng gitu aja guys. Mereka cuma bakal nonton konten yang menarik buat mereka dan itupun kalo kita berhasil ngepromosiin channel kita dengan baik. Kecuali orang-orang yang sebelumnya emang udah punya nama, sebagian besar YouTuber mulai dari 0 kok kayak kita. So, don’t be discouraged! Coba simak deh tujuh tips buat small YouTube channel di bawah ini.

 

1. LEARN FROM OTHER YOUTUBERS

Konten video kayak gimana sih yang bisa menarik orang buat nonton video-video kita? Sebelum jadi creator, coba deh tempatin dulu diri kita sebagai viewers. Cari inspirasi dari channel Youtube lain yang udah lebih dulu berkembang dan sering-sering nonton video yang kita anggap seru. Dari situlah kita bisa dapet gambaran kira-kira video kayak gimana yang bakal banyak ditonton sama orang. Tapi bukan berarti nyontek ya. Be inspired, but don’t copy!

Kita harus belajar dari mereka dan boleh kok ngambil sedikit-sedikit ide yang kita anggap oke, tapi jangan jiplak abis-abisan. Kita juga harus punya hal unik yang bisa ngebedain kita dengan YouTubers lain. Kalo nggak, kita cuma bakal jadi satu dari jutaan ikan di lautan he he..

 

2. DECIDE OUR CONCEPT

Yap, penting banget bagi sebuah channel YouTube buat punya konsep. Tanpa konsep, kita bakal kehilangan fokus. Tentang apa sih channel YouTube kita dan video kayak gimana sih yang mau kita buat? Vlog, tutorial, reactionsocial experiment, atau komedi kah? Misalnya tutorial, lalu tutorial tentang apa? Tutorial makeup, masak, atau Do It Yourself (DIY) mungkin?

Intinya, pikirin tema besar dari channel kita dan tekunilah tema tersebut. Kata Han Yoora di wawancara dengan Gogirl! sebelumnya, konsep tuh nggak perlu ribet kok. Yang ringan dan simple aja, asal kita bisa mengemasnya dengan baik biar jadi konten yang fresh.

 

3. DO SOMETHING WE ENJOY

Masih nyambung sama poin sebelumnya, pertimbangkanlah hal yang kita suka ketika milih konsep buat channel kita. Yup, do something we enjoy. Sesuatu yang bisa memotivasi kita buat terus bikin konten, bukan karena hal tersebut banyak dilakuin oleh YouTuber lain atau karena alesan lainnya. Kalo kita  nggak 100% suka dengan konten yang kita buat, dijamin deh tinggal nunggu waktu aja sampe pada akhirnya kita ninggalin channel Youtube kita sendiri.

Pikirin juga kelebihan kita dan apa yang bisa kita share sama viewers, entah itu informasi atau sekedar hiburan, karena ada baiknya tiap video yang kita upload punya value buat mereka. Misalnya kalo kita suka traveling, bisa banget lho sharing pengalaman dan berbagai informasi itinerary kita dalam bentuk vlog.

 

4. PLANNING

Mungkin video Youtube kita masih berantakan karena dibuat tanpa planning lho guys. Percaya deh, tiap konten bagus yang ada di Youtube pasti dibuat dengan perencanaan. Mulai dari apa tema yang bakal diangkat di video tersebut, apa judul dan gambar thumbnail yang bisa ngundang orang buat nge-klik, apa hook yang bisa bikin viewers tetep nonton, sampe kapan jadwal di-upload.

Walau persiapan paling sederhananya cuma bikin poin-poin apa yang bakal kita omongin di depan kamera, tapi jangan pernah mulai bikin video tanpa tau apa yang mau kita lakuin. Yap, channel gede bahkan udah punya rencana bulanan mengenai konten apa aja yang bakal mereka produksi dan upload. Tiap kita dapet ide baru, pikirin gimana caranya mengemas ide tersebut dalam bentuk video dan kapan baiknya video itu diproduksi serta dipublikasikan.

 

5. BE CONSISTENT

Banyak banget lho YouTuber yang dilupain karena mereka jarang banget nge-upload video baru atau tiba-tiba ngilang gitu aja. Selain konsisten dengan konsep pilihan kita, kita juga harus konsisten mempublikasikan konten.

Kita nggak harus nge-upload video tiap hari kok, tapi seenggaknya seminggu atau dua minggu sekali lah. Malah kalo bisa buat jadwal yang pasti kayak acara TV, jadi viewers tau kapan mereka bisa nonton video kita selanjutnya. Ketika kita aktif aja belum tentu viewers bakal selalu nonton video kita, apa lagi kalo kita muncul-ngilang-muncul-ngilang. Tapi jangan sampe karena ngejar kuantitas, kualitas video kita jadi jelek ya.

 

6. PROMOTE OUR VIDEOS

Siapa yang bakal tau kita punya channel Youtube kalo kita nggak pernah ngepromosiin konten-konten kita, ya nggak? Find places for engagement and distribution. Kita bisa share link video kita di media sosial atau ke orang-orang terdekat. Kita juga bisa promosi ke komunitas atau forum online yang punya minat yang berhubungan dengan video kita. Tapi inget, jangan spamming!

Hal lain yang bisa kita lakuin buat ngepromosiin channel kita adalah dengan kolaborasi sama temen YouTuber yang udah punya lebih banyak viewers. Kita juga harus pinter-pinter bikin judul, deskripsi, dan tags biar video kita muncul ketika orang nge-search keyword tertentu di YouTube.

 

7. LAST BUT NOT LEAST.. DON’T GIVE UP!

Yup, yang paling penting adalah jangan gampang nyerah! Nggak usah resah kalo viewers kita nggak langsung nambah walau kita udah rajin upaod video karena inget, semua butuh waktu. Kalo kita terus usaha dan emang rejekinya, success will find its way kok. Tapi kita juga harus paham kalo nggak semua orang bisa jadi viral di YouTube.

Seandainya kita udah ngelakuin segala cara dan viewers kita tetep segitu-segitu aja, then be satisfied with it dan berusahalah buat mempertahankan viewers yang ada. Kalo kita emang suka bikin video, yaudah, jangan terlalu pikirin angka. Selama kita enjoy dengan apa yang kita lakuin, don’t ever give up! Anggap aja Youtube adalah wadah buat menyalurkan hobi dan mengekspresikan diri kita.

https://techno.okezone.com/read/2019/01/07/207/2000854/ada-sistem-unlock-modem-bolt-masih-bisa-digunakan

https://pressrelease.kontan.co.id/release/bolt-terus-hadirkan-layanan-truly-unlimited-internet-dan-berikan-paket-spesial-di-bulan-ramadan-untu

https://www.inilah.com/ototekno/2501044/bolt-stop-operasional-smartfren-gerak-cepat

https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a5577ca00f/bolt-dan-first-media-selesaikan-refund-3321-pelanggan

https://tekno.kompas.com/read/2019/01/04/10460057/sinyal-bolt-resmi-dimatikan-pengguna-bisa-refund

https://waspada.co.id/2018/12/penggunaan-frekuensi-dicabut-ini-cara-refund-pulsa-bagi-pelanggan-bolt/

https://inforial.tempo.co/info/1000508/ramadan-dan-idul-fitri-bolt-tingkatkan-kapasitas-jaringan

https://republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/18/12/31/pkldsb335-bolt-gandeng-smartfren-layani-refund-pelanggan

https://www.viva.co.id/digital/digilife/1107735-pelanggan-bolt-bisa-pindah-layanan-ke-smartfren?page=3&utm_medium=selanjutnya-3

https://pressrelease.kontan.co.id/release/bolt-terus-hadirkan-layanan-truly-unlimited-internet-dan-berikan-paket-spesial-di-bulan-ramadan-untu

https://selular.id/2018/12/mulai-31-desember-bolt-kembalikan-hak-pelanggan/

https://www.yatekno.com/mengatasi-modem-bolt-no-service/

https://adv.kompas.id/baca/bolt-hadirkan-paket-spesial-di-bulan-ramadhan/