5 Kebiasaan Jelek yang Bisa Ngerusak Persahabatan Kita

by -2,279 views
5 Kebiasaan Jelek yang Bisa Ngerusak Persahabatan Kita
Sumber: employmentlawmatters.net

“There is nothing on this earth more to be prized than true friendship”. Quotes dari Thomas Aquinas bener-bener ngejelasin betapa berharganya punya Sahabat. Tapi kadang kita nggak sadar ada beberapa kebiasaan spele yang sebenernya bisa ngerusak persahabatan kita.

 

NGGAK JADI PENDENGAR YANG BAIK

Kedengerannya mungkin sepele, tapi hal kaya gini bisa banget ngerusak persahabatan.  Biasanya yang bikin kita nggak jadi pendengar yang baik itu ketika teman atau sahabat kita curhat dan kita lebih milih fokus  sama handphone atau sekitar.  Atau pas sahabat kita curhat, kita selalu ngasih pendapat duluan  padahal mereka belum selesai sama curhatannya. Hal kaya gitu bikin mereka ngerasa kalo kita nggak mau dengerin curhatan kita. Jadi selama sahabat kita curhat atau ngajak kita ngobrol, put your phone down dan dengerin mereka terlebih dahulu, baru deh kita ngasih pendapat kalo emang mereka minta. Karena ada beberapa orang yang cuma butuh didengar.

 

EGOIS

Hal kayak gini biasanya nggak sadar kita jadiin kebiasaan. Nggak cuma di kehidupan sehari-hari, kadang kejadian juga pas kita bareng sama sahabat. Misalnya pas nentuin tempat mana yang jadi tempat hangout kita minggu ini. Kita biasanya  egois dengan maksa sahabat kita buat hangout di tempat pilihan kita, tanpa dengerin usulan tempat hangout dari mereka. Dan akhirnya, malah bikin hangout kita jadi nggak nyaman karna cuma kita yang nikmatin tempatnya.

 

NOT BEING HONEST

Sering nggak sih kita ngerasa nggak enak kalo mau jujur ke sahabat kita? Apalagi kalo sesuatu yang related sama kebiasaan mereka . Misalnya, kita tau kalo sahabat kita itu sering marah-marah nggak jelas dan nggak bikin kita nyaman. Karena nggak mau bikin mereka sakit hati, akhirnya kita terpaksa milih diam dan ngebiarin. Padahal semakin kita milih diam dan ngebiarin, kebiasaan mereka bisa aja lho bikin kita bertengkar dan akhirnya malah ngerusak hubungan.  Jadi mulai sekarang lebih baik jujur daripada ngerusak persahabatan.

 

SERING TELAT PAS JANJIAN

Bete kan kalo kita janjian sama seseorang dan orangnya telat berjam-jam? jawabannya pasti iya. Nah itu juga yang dirasain sama sahabat kita kalo ternyata kita telat banget dari jam ketemuan yang udah kita sepakatin beberapa hari sebelumya. Nggak cuma bete, tapi pasti ada perasaan kecewa karena mereka udah berusaha buat nggak telat pas janjian sama kita. Jadi set your alarm in the morning, biar pas bangun kita inget kalo kita punya janji hari ini.

 

POSSESSIVE FRIEND

Nggak cuma pacar lho yang suka posesif, ternyata secara nggak sadar kita juga bisa posesif ke sahabat kita sendiri. Saking seringnya bareng-bareng, kita jadi ngerasa sahabat itu kayak half of us. Apapun yang kita rasain pasti diceritain dari mulai hal yang lucu, sepele sampe permasalahan yang bikin kita akhirnya sama-sama nangis. Gara-gara kebiasaan itu kita ngerasa kalo sahabat kita itu cuma milik kita dan nggak boleh berteman sama yang lain. Dan hal yang kayak gitu, yang gampang banget bikin persahabatan kita rusak. So, selama komunikasi dan hubungan kita baik-baik aja sama mereka, persahabatan kita nggak bakal keganggu, walaupun sahabat kita punya teman juga di luar sana.

 

Nah setelah tau beberapa hal di atas yang bisa bikin rusak persahabatan kita. Yuk coba buat ngerubah kebiasaaan itu, pelan tapi pasti hubungan persahabatan kaliat bakal makin erat and longlast.