5 Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan Dan Betina Dengan Tepat

by -607 views
5 Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan Dan Betina Dengan Tepat
Sumber: coleswildbird.com

Sebagai burung dengan keindahan suara nya burung perkutut menjadi salah satu burung yang banyak disukai dan dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Namun jenis burung ini cukup sulit untuk membedakan antara jantan dan betina nya. Nah cara membedakan burung perkutut jantan dan betina bisa disimak dalam ulasan berikut ini.

Sebagai salah satu burung yang memiliki suara khas, burung perkutut cukup banyak peminat. Bahkan dalam keseharian nya sering diadakan kontes burung perkutut. Sebelum mempelajari cara membedakan burung perkutut jantan dan mana burung perkutut betina, ada baiknya untuk mengenali jenis kelamin burung tersebut.

Ciri Khas Burung Perkutut Jantan dan Betina

Burung perkutut memang memiliki ciri khas yang tersendiri. Baik jantan maupun betina akan menampilkan ciri khasnya masing-masing. Ciri khas yang umum menjadi pembeda antara keduanya adalah suara antara jantan dengan betina yang jelas terlihat berbeda.

Jantan akan mengeluarkan kicauan serta volume suara yang terdengar lebih nyaring ketimbang yang betina. Dengan begitu, ciri khas ini menjadi patokan. Masyarakat sendiri dalam memelihara perkutut lebih memilih yang jantan ketimbang yang betina.

Membedakan Burung Perkutut Jantan dan Betina

Bagi seorang pemula dalam dunia perkutut memang akan terlihat lebih sukar. Namun faktanya jika melihat secara detail, membedakan antara burung perkutut betina dan juga jantan akan terlihat jauh lebih mudah.

1. Perhatikan Selaput Warna Putih Pada Perkutut

Hal yang paling umum dapat dilihat adalah dengan memperhatikan selaput warna putih pada burung perkutut. Jika dilihat dengan seksama selaput perkutut jantan akan terasa dan terlihat lebih kasar ketimbang betina.

Selain itu, dominasi warna putih di bagian atas kepala atau paruhnya terlihat lebih mendominasi.

Lain halnya dengan burung perkutut betina yang warna putihnya tidak terlalu mendominasi. Warna buku yang berada pada bagian kepala burung perkutut jantan juga terlihat lebih terang. Berbeda dengan warna burung perkutut betina yang sedikit agak gelap.

2. Melihat Perilaku Seksualnya

Hal ini tentu akan sangat mudah untuk membedakan mana perkutut jantan maupun betina. Hanya dengan mendekatkan keduanya maka masyarakat baik itu yang awam akan dengan mudah membedakannya.

Umumnya perkutut jantan jika berdekatan atau didekatkan dengan perkutut betina akan menunjukkan perilaku seksual. Jantan akan berada pada atas perkutut betina dengan tujuan melangsungkan perkawinan.

3. Bentuk Postur Tubuh Burung

Untuk postur tubuh sendiri, perkutut betina jika dibandingkan dengan perkutut betina akan terlihat perbedaan ukurannya. Perkutut jantan memiliki postur tubuh serta ukuran yang umumnya lebih besar ketimbang perkutut betina.

4. Melihat Corak Warna Keduanya

Yang paling gampang selanjutnya adalah dengan melihat warna bulu dengan corak putih keabu-abuan. Corak warna ada pada bagian kepala perkutut. Jika dilihat dengan jelas dan spesifik, warna corak ini pada perkutut jantan akan terlihat dominan hingga setengah kepala.

Sedangkan untuk betina corak warna ini hanya sedikit, jadi jika melihat corak warna putih keabu-abuan yang sedikit, bisa dipastikan bahwa itu adalah perkutut betina.

5. Membedakan Jantan dan Betina dari Raut Muka

Hal ini memang tergolong agak sulit, namun jika sudah terbiasa nantinya akan menjadi lebih mudah. Bagi masyarakat yang sudah berpengalaman, perkutut jantan dapat dibedakan melihat bentuk serta postur muka yang terlihat sangar. Mulai dari tatapan hingga ekspresi akan terlihat dengan jelas.

Sedangkan perkutut betina muka nya akan terlihat sedikit lebih kalem. Jadi hal ini dapat menjadi pembeda yang sangat mudah untuk dilakukan.

Itulah beberapa cara membedakan burung perkutut jantan dan betina. Bagi pemula membedakan mana jantan dan mana betina mungkin akan terlihat susah, namun jika lebih teliti, maka membedakan keduanya akan terlihat sangat mudah.