4 Tips Menulis CV yang Menarik agar Diterima Kerja

by -1,610 views
4 Tips Menulis CV yang Menarik agar Diterima Kerja

Saat seseorang melamar pekerjaan maka perlu membuat CV semenarik mungkin. Untuk membuatnya tidak boleh sembarangan dan harus memenuhi berbagai kriteria yang ada.

Sebagaimana artikel di Indo Times, dalam menulis CV ini di dalamnya harus mengandung personal branding. Sebab di dalamnya terdiri dari beberapa hal seperti skill, pengalaman kerja, kemampuan dan berbagai penghargaan yang pernah diraih.

Maka dari itu saat menulis CV perlu memenuhi beberapa kriteria yang ada di dalamnya. Dengan seperti ini maka kesempatan kamu diterima kerja nantinya akan semakin terbuka lebar.

Memahami Isi Informasi Agensi yang Dilamar

Dalam menulis CV diperlukan beberapa informasi yang harus kamu ketahui lebih dahulu dari agensi atau perusahaan yang dilamar. Bentuk informasi ini bisa dalam banyak hal dan sesuaikan dengan tempat kamu melamar pekerjaan.

Misalnya kamu ingin melamar menjadi penulis di agensi tertentu secara online. Dalam informasi tersebut mencantumkan jika harus punya portofolio tentang keuangan, menyebutkan alamat email dan Whatsapp.

Dari bentuk informasi seperti ini maka ketika membuat CV harus dipenuhi dan ditulis di dalamnya. Data yang disebutkan di atas hanya garis besarnya namun yang ditulis di CV harus memuat berbagai hal seperti nama, email, nomor WA dan yang lainnya.

Mendesain CV dengan Menarik

Dalam membuat CV maka perlu didesain dengan menarik mulai dari tulisan hingga format yang lainnya. Khusus tulisan patikan memperhatikan yang dicetak tebal, huruf kapital atau yang lainnya.

Selain itu, hindari font untuk tulisan basic seperti Times New Roman. Untuk membuatnya, kamu perlu menggunakan font dengan gaya modern namun mudah dibaca oleh orang lain.

Hal penting lainnya dalam mendesain CV adalah bisa dengan menggunakan aplikasi editing. Ada banyak aplikasi editing yang bisa kamu gunakan seperti Canva, Photoshop, Coreldraw dan yang lainnya.

Cantumkan Pengalaman Kerja

Dalam membuat CV jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan yang dilamar. Misalnya kamu melamar untuk jadi mekanik motor maka cantumkan juga jika pernah magang atau kerja di tempat lain.

Tuliskan semua pengalaman yang pernah kamu tekuni dan pastikan relevan. Selain itu tuliskan juga terkait bagaimana kamu akan bertanggungjawab dengan semua jobdesk yang diberikan nantinya.

Dengan pengalaman yang lebih banyak nantinya akan menjadi pertimbangan tersendiri dari HRD. Pengalaman yang banyak ini membuka peluang diterima kerja lebih besar.

Cantumkan Passion yang Kamu Miliki

Saat melamar pekerjaan, passion sangat diperlukan agar membedakan kamu dari pelamar lain. Dengan keunggulan ini maka kemungkinan akan lebih dilirik oleh HRD saat melamar kerja.

Untuk itu, kamu bisa cantumkan passion tersebut di CV saat melamar kerja. Passion ini bisa dalam banyak dan sebisa mungkin ada keterkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Namun jika passion itu tidak ada keterkaitan tidak masalah dan umumnya ini yang akan ditanya ketika interview nantinya. Untuk itu kamu cantumkan saja passion ini agar bisa masuk tahap selanjutnya ketika melamar pekerjaan.

Sesuai artikel Cara Membuat CV. Dalam menulis CV ini pastikan memuat semua informasi yang dibutuhkan perusahaan. Kamu bisa mencantumkan pengalaman kerja, informasi kontak, dan jangan lupa juga passion. 

Ketika informasi ini sudah dituliskan dengan benar maka kamu bisa desain semenarik mungkin. Untuk proses desain bisa menggunakan Photoshop, Corel, Powerpoint atau aplikasi yang lainnya.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.