3 Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak Menurut Penyebabnya

by -299 views
3 Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak Menurut Penyebabnya

Koil merupakan komponen dari sistem perapian pada mobil. Sistem perapian memang umumnya diketahui rentan rusak. Koil yang rusak tidak dapat meneruskan tegangan dari aki ke busi, sehingga tidak akan terjadi percikan api pada ruang perapian mobil. Ketahui cara memperbaiki koil mobil yang rusak menurut penyebab kerusakannya sebagai berikut:

Cara Memperbaiki Koil Rusak karena Panas

Sistem perapian mobil tentu saja akrab dengan panas. Tentu seluruh komponen pada bagian ini sudah dipersiapkan mampu bekerja dalam suhu panas. Namun, jika panas pada sistem perapian terlalu tinggi dan ini sering terjadi, maka koil akan mudah rusak. Kerusakan yang disebabkan oleh overheat biasanya membuat koil mati saat mesin bekerja.

Tidak jarang, koil yang rusak karena mesin terlalu panas akan membuat mesin tiba-tiba mati. Ini dikarenakan busi tidak memercikkan bunga api sebab tidak mendapatkan tegangan aki yang disalurkan oleh koil. Untuk mengatasinya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka kap mobil atau bagian koil pada mobil.
  • Siapkan kain tebal atau handuk.
  • Basahi kain tebal atau handuk dengan air hingga terasa lembab tapi tidak terlalu basah.
  • Jika sudah, letakkan kain atau handuk yang sudah dibasahi pada koil.
  • Kompres selama beberapa saat hingga koil mulai dingin.
  • Lanjutkan kembali menyalakan mesin jika koil sudah dingin.

Cara Memperbaiki Koil Rusak karena Kebocoran Listrik

Dalam koil terdapat aliran listrik. Aliran ini semestinya menuju perapian untuk memunculkan percikan api. Apabila dalam perjalanan menuju perapian aliran listriknya bocor, maka percikan api tidak bisa muncul. Biasanya kabel busi yang putus menyebabkan hal demikian terjadi. Untuk mengatasinya gunakan cara memperbaiki koil mobil yang rusak dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka kap mobil atau bagian koil di mobil.
  • Tunggu hingga mesin mobil mendingin selama beberapa saat jika mobil sedang atau habis digunakan.
  • Buka rangkaian kabel pada bagian koil menuju busi.
  • Pada kabel yang rusak, tutup bagian yang terbuka dengan lem besi atau plastic steel.
  • Tunggu hingga kering dan lapisi dengan solasi hitam. Pastikan pembaca melapisinya dengan cukup rapat.
  • Letakkan kembali bagian kabel sesuai tempatnya semula.

Cara Memperbaiki Koil Rusak karena Masalah Busi

Busi menjadi salah satu komponen yang cukup sering menyebabkan kerusakan pada koil. Biasanya ini disebabkan oleh adanya tumpukan kotoran pada kabel penghubung bagian busi dengan koil. Ini menghambat aliran listrik yang disalurkan oleh koil. Untuk mengatasinya, pembaca bisa membersihkan sisi koil yang terhubung dengan pegas.

Selain itu, pembaca juga bisa memberikan cairan anti karat usai koil dibersihkan. Sayangnya, cara ini hanya bisa digunakan jika koil masih bisa bekerja. Jika kerja koil sudah sepenuhnya berhenti maka yang bisa pembaca lakukan ialah membawanya ke gerai servis.

Demikian 3 cara memperbaiki koil mobil yang rusak menurut penyebabnya. Jangan lupa untuk memeriksa bagian mesin mobil secara berkala dan cek informasi otomotif terkini di Mobilku. Mudah bukan?

No More Posts Available.

No more pages to load.